Rony's Blog
Meta

Teruntuk Saudaraku Terkasih, Bapak Abdullah Gymnastiar

Print This Post   Email This Post

Selamat siang bapak, apakabar? Saya menulis surat ini tidak saya kirimkan melalui media massa, juga tidak saya kirimkan ke alamat Anda. Saya hanya berharap surat saya ini akan sampai ke tangan Anda melalui jasa Googlebot.

Sebelum saya berpanjang lebar, terlebih dahulu saya ingin menyampaikan hal yang lain. Kepada teman-teman, saudara-saudari, handai taulan, yang selama ini telah aktif menutup pintu kritis dengan sebutan GHIBAH, saya ingin sedikit mengingatkan. Siapapun dia yang menjadi pemimpin, di bidang apapun baik umara maupun ulama, berhak untuk dikritisi, dan kita sebagai bagian dari “ummat” dibebani dengan KEWAJIBAN untuk mengingatkan. Atas dasar ini pula saya menulis surat ini, sebuah upaya mengkritisi seorang tokoh. Jika Anda masih menempatkan hal ini sebagai sebuah ghibah, maka saya hanya bisa berkata,”mari kita sambut kematian daya kritis”.

Saudaraku seiman, Bapak Abdullah Gymnastiar
Sudah lama kiranya saya ingin menuliskan sebuah surat untuk Anda. Yaitu semenjak saya mendapatkan informasi mengenai usaha Anda yang berupa mlm ber-label syariah. Oh ya, sebelumnya perkenalkan dahulu, saya adalah blogger yang tinggal di Yogyakarta, yang sering mengirim surat kepada tokoh-tokoh maupun “tokoh-tokoh” yang menurut saya layak untuk diingatkan.

Berkait dengan keinginan saya yang sudah terpendam lama tersebut, dan berhubung dengan adanya perkembangan lain yang sepertinya layak untuk dikritisi, maka saya bermaksud menyampaikan surat ini dalam bentuk kisah. Dan kemudian kisah tersebut saya bagi menjadi dua.

Kisah I: Tentang Mengapa Muslim Memilih-milih Makanan

Saudaraku seiman, tentu saudaraku pernah mendengar kisah ini. Sebagai seorang da’i, sampeyan tentu juga tahu bahwa beberapa tahun yang lalu seorang imam besar menghadapi pertanyaan mengenai “kenapa babi haram” di tanah Perancis. Imam itu sendiri dari Timur Tengah, tanpa saya tulis namanyapun tentu sampeyan sudah tahu yang saya maksud.

Beginilah kisahnya. Sang imam ditanya oleh ilmuwan Perancis berkait dengan hukum haram atas babi. Para ilmuwan Perancis sangat yakin bahwa sumber kata haram atas babi itu sendiri adalah karena babi digolongkan binatang jorok. Kebetulan metode ternak babi di Perancis sudah sedemikian maju, sehingga babi-babi di sana tidak lagi jorok. Kandang bersih dan makanan si babi juga terjamin alias tidak sembarangan. Akhirnya sang imam meminta para ilmuwan untuk membawa tiga ekor babi dan tiga ekor ayam, masing-masing dua pejantan yang sedang birahi dan satu ekor betina.

Singkat cerita, binatang itu didatangkan dan dikandangkan. Ternyata ada perbedaan dalam mekanisme percintaan dari kedua binatang ini. Ayam jantan bertarung dulu untuk menyetubuhi sang betina. Sementara babi, mereka bergantian menyetubuhi si betina. Tak hanya itu, ternyata babi jantan yang belum mendapat giliran, ikut membantu babi jantan yang sedang bersetubuh. Maka sang imam berkata,”seperti inilah potret masyarakat yang Anda sebut modern”.

Sang imam kemudian menyampaikan sebuah hadits yang berbunyi kurang-lebih,”apa yang engkau makan, mempengaruhi bagaimana kamu hidup”. Mungkin sitiran hadits ini kurang tepat, tapi kurang lebih maknanya adalah bahwa apa yang kita makan akan berpengaruh dalam kehidupan kita.

Oleh sebab pemikiran ini, maka saya mengingatkan Anda, saudaraku Bapak Abdullah Gymnastiar, agar memikirkan ulang produk yang Anda buat. MLM, sebagaimana namanya yaitu multi-level-marketing, adalah sebuah bentuk “perbudakan” ala ekonomi. Anda sebagai upline tertinggi, tentu memperoleh keuntungan terus menerus yang nilainya lebih besar dari para downline, bahkan ketika Anda tidak lagi kasak-kusuk di jalanan menjajakan produk. Artinya uang tersebut datang nyaris tanpa usaha.

Kalaupun Anda menolak perkataan saya di atas, maka Anda tentu tak bisa menolak bahwa mlm (sebagaimana namanya, banyak level, banyak undakan, bertingkat-tingkat) adalah sebuah sistem dengan skema piramida. Kawan saya Priyadi Iman Nurcahyo sudah menerangkan hal ini di tulisannya yang ini dan yang ini. Silakan Anda pelajari.

Dan kini saudaraku, berkait dengan kisah yang sudah saya sampaikan tadi, saya ingin menunjukkan bahwa perilaku sampeyan semakin parah pembelokannya semenjak Anda memakan harta dari usaha tersebut. Anda telah kehilangan satu kata penting, yaitu kata “bijak”.

Kisah II: Ketika Pilihan Membantu Hanya Itu

Saudaraku seiman, kisah ini menyangkut junjungan kita sendiri, Rasulullah SAW. Dan kisah ini berkait dengan tindakan sampeyan yang terakhir.

Nabi kita, Muhammad SAW, menikahi para janda dengan maksud membantu mereka (para janda korban perang). Sebagai janda pihak musuh, sangat sulit bagi mereka untuk bertahan hidup. Kenyataannya di wilayah Timur Tengah, para wanita tidaklah mudah untuk mandiri. Pilihan nabi untuk menikahi mereka, menyelamatkan sang janda dari kehancuran. Apakah hal ini sudah berlaku bagi tindakan sampeyan?

Sungguh saya tidak terbayang alasan apa yang membuat Anda menikahi seorang janda yang masih muda, produktif dan bisa-menikah-dengan-siapa-saja-tanpa-harus-dengan-Anda. Saya diingatkan oleh teman saya Vinny mengenai kisah Ali. Ali bin Abi Thalib hendak berpoligami dan nabi tidak setuju. Kenapa? Karena yang muncul adalah alasan nafsu. Dengan menilik kondisi istri kedua Anda, apakah bukan karena alasan yang sama (baca: nafsu) Anda menikahinya?

Kemarin saya mendapatkan kabar yang lebih mengagetkan. Saya merasa informasi ini sangat lucu. Menurut informasi yang saya dengar, Anda menikahi istri kedua Anda karena untuk menengahi rebutan yang terjadi. Benarkah demikian?

Disampaikan kepada saya bahwa istri kedua Anda mendapatkan lamaran dari berbagai pihak. Terutama dari anak buah Anda di MQ. Lantas Anda mengambil jalan menengahi berupa “merebut” wanita itu untuk menjadi istri Anda, lucu bukan? Kenapa Anda tidak menjodohkan saja wanita ini dengan pria-pria yang melamarnya? Tidakkah menjodohkan ini sudah sering pula dilakukan oleh para pimpinan pondok yang lain? Apakah libido Anda sedemikian tinggi, sehingga tidak bisa bertindak yang lebih bijak?

Maaf saudaraku seiman, perkataan saya yang terakhir mungkin menyakitkan. Namun kalau benar bahwa kisah tersebut seperti itu adanya, maka tidak ada kata lain di kepala saya, Anda telah dibelenggu oleh libido. Kebijakan telah pupus pada diri Anda, dan tentu saja hal ini tak lepas dari apa yang Anda makan, yaitu harta MLM.

Jikalau yang terakhir ini benar adanya, maka saya mohon Anda melakukan find and replace atas kata-kata saya yang berbunyi “saudaraku seiman” dan diganti dengan kalimat “wahai engkau yang terbelenggu libido”.

Wallahu a’lam bishawab

Vale, qulil haqqa walaw kaana murron

El rony, menyampaikan kepada googlebot

NB : Silakan Anda mawas diri

Category: blog, Daily Life | Comment RSS 2.0 | trackback

241 Responses to “Teruntuk Saudaraku Terkasih, Bapak Abdullah Gymnastiar”

  1. cahyo Says:

    wawawa…semakin lama semakin bagus nih mas rony tulisannya…salut :-D

    *ikutmendukungmasronydaribelakang*

  2. om7ack Says:

    *ikutan ngedorong yang ngedorong rony dari belakang* :D

  3. Hedi Says:

    Bener mas, tanpa bermaksud negative thinking, saya pernah diberitahu seorang Habib bahwa untuk membantu seseorang (wanita) tidak harus menikahinya.

    Urusan Nabi melakukannya atas motivasi tersebut, itu hal lain dan berbeda kapasitas serta situasi dan kondisi.

  4. dendi Says:

    moga-moga aa gym baca..

  5. adi Says:

    petunjuk pembacaan :
    lebih afdol jika surat di atas dibaca dgn logat & intonasi ala aa gym, hehehe ……..

  6. Azil Says:

    kamu kalah rebutan Ron?
    *kabur*

  7. naga Says:

    nice posting! agree with you! i hope he read this.

  8. Priyadi Says:

    soal MLM, postingan yang lebih tepat adalah yang ini: http://priyadi.net/archives/2006/09/24/bedah-sistem-mlm/

    tapi bener lho, kalau sekarang ada MLM syariah, lama2 mungkin ada korupsi syariah, maling syariah, etc.

  9. aRdho Says:

    *summon fahmi side A*

  10. Ben Says:

    ada “saudaraku”, ada “saudaraku seiman”, eh ada “wahai engkau yang terbelenggu libido”…

    rony gag konsisten!

    *segera lindungi blog dari balasan sepamnya ronceh*

  11. Priyadi Says:

    eh, ada yang tau gak kriteria MLM syariah itu apa sih? dan apa sih bedanya dengan MLM konvensional?

  12. Sridewa Says:

    Saya ndak mau tau, pokoknya saya suporter polygami…

    POKOKNYA! (U.A.W) *Undeniable Ayik Words*

    Nganti brodol j*b*t*e … pokoke POLYGAMY.
    Hidup Ayam Bakar Wong Solo!

    Polygami tidak selalu berniat ‘menolong’ seperti diduga banyak orang yang lalu memakae alasan menolong ya kasih ke uang ke fakir miskin… tapi gimana kalau seorang anak membutuhkan seorang figur ayah? dan ayah itu adalah Yang MULIAH AAK GYM!

    Kalau comment ini diapus monggo! asal jangan diubah isinya!

    POLY POLY POLY
    POLY POLY POLY
    POLY POLY POLY
    POLY POLY POLY
    POLY POLY POLY
    POLY POLY POLY

    POLY POLY POLY
    POLY POLY POLY

  13. MaNongAn Says:

    lah …. giliranku nikah kapan??

    -=he509x™=-

  14. arie Says:

    aku pingin kawin !!!

  15. hericz Says:

    Poligami kalau sama yang cantik itu boleh, kalau sama janda tua mah buat apa, betul??

  16. ndah Says:

    1 yo rung duwe meneh 2.3,4. eh poligami buat co’ ya…nek poliandry???

  17. adis Says:

    ikut berdoa mudah-mudan Aa Gym baca!

  18. feri Says:

    wak asyik nih tulisannya, moga nyempe ke beliau ya

  19. thuns Says:

    SETUJU SAMA MAS RONY!!! 100% SETUJU!

    katanya JAGALAH HATI… tapi apa???
    itu dah berkhianat dg istri pertama… HATI apa yg diJAGA???

  20. mpokb Says:

    hehehehe…. realitas yg lucu, posting yg lucu, dan komentarnya juga lucu2. laki-laki memang lucu ya..
    :P

  21. Yanuar Says:

    Sekalian Kirimin surat cinta ron..

  22. Luthfi Says:

    lah, ini malah mbahas mlmnya :-)

  23. rie Says:

    lha wong istri dah mempertaruhkan nyawa melahirkan 7 anak dan membesarkan dengan susah payah ya kok masih dilarani atine…piye tho a’..

  24. Qky Says:

    kalo boleh mem-pleset-kan lagu “Jagalah Hati”-nya AA, demikian:

    “Jagalah (para) suami, jangan (sampe) kawin lagi/poligami
    Bilang mengaji, tahunya/nyatanya cari istri (lagi)”

    btw, Mudah-mudahan tidak menjadi lagu wajibnya para istri…hehehe

  25. pitik Says:

    ikut ndorong om7ack…lha lak malih dorong2an iki?

  26. Ujang Says:

    wah ga nyangka aja deh pokoknya aa seperti itu.
    poligami itu mah alasan saja.intinya pengendalian diri aja donk aa.mangnya jaman nabi pk acara poligami. beda atuh aa kumaha sih?bisa teu ngabedakeun? buat RONY moga sukses yah setuju gw ama km….hidup RONY….semangat…..maju terus pantang mundur….sip deh…

  27. cintia Says:

    aa aku ga nyangka,klu aa bkal mempoligami teh ni2h.poligami mkn mmg sunnah rosil tp itu tergantung dr kita umatnya…knp aa tega mempoligami istri yg selama ini setia dampingi aa?percuma aa berdakwah,klo diri aa sendiri tdk bsa jd pemimpin yang baik utk kluarga.jgnlah kita mengkoreksi org terlebih dhulu,klo ternyata diri kita lbh bejat..
    suatu hari aa pst akan menyesal…………..
    to istri ke-2 aa:
    knp kmu tega sakiti teh ni2h,apa kmu sadar klo kmi sdh menghncurkn rmh tangga se2orng.apa kmu tau itu dosa…………..???????

  28. Fernando Says:

    sistem tak ada yg luput dari kegagalan. anjuran agama tak ada yg luput dari pelanggaran. manusia tak ada yg luput dari kesalahan. postingan ini termasuk “penganiayaan” gak ya? :D

  29. geblek Says:

    ron sudah di bales belum sama mas AA Gym

  30. Seno Says:

    di sini adanya poliansyah, temen saya

    **dorong ronceh dari depan**

  31. golda Says:

    Aku tetep ngga percaya kalo Teh Ninih ngga sakit hati sampe detik ini. Karena aku percaya tidak ada satu pun wanita MAU dimadu. Titik!

  32. golda Says:

    kalo perlu, Ron.. gw kirim tulisan ini ke Bandung!

  33. poligamor Says:

    aku baru mampu memadu vespa dengan ontel … ntah kapan etuk rondo …

    hiks … pengen

  34. oon Says:

    hiks..gogelbot ngirimnya nyasar apa ya? kok nyampe nongol didepan mukaku? telahkah juga el rony mencoba memasang hardcopynya dimuka “wahai engkau yang terbelenggu libido” xixixi…

  35. sharivan Says:

    wew… ga nyangka ini tulisan ronceh!!

  36. eby Says:

    Salam kenal. Mudah2an dialog di blog ini, membuat kita semakin banyak belajar dan memahami apa yang terjadi disekitar kita. Bukan hanya untuk mencari benar salah untuk kemudian kita lupakan.

    Memang sesama muslim kita wajib saling mengingatkan dan berwasiat. Jangan kawatir, apakah perkataan kita didengar atau dicue’in. Diterima atau diacuhkan. Yang penting kita telah menyampaikan.

    Sama hal-nya ketika Nabi Muhammad menyampaikan wahyu2 Allah. Tetap aja banyak yang tidak peduli malah diplintir2. So, semoga Allah mengampuni kita semua dan melindungi kita. Bersyukurlah orang-orang yang berpikir.

  37. piko_jogja Says:

    tolong sebutkan Hadits dan atsar mengenai penolakan Rasululloh Sholallohu ‘alayhi wasalam terhadap keinginan Ali Rodhiallohu’anhu berpoligami.

    maaf jangan asal mengambil cerita yg dianggap hadits dan atsar tanpa dasar?

    karena Abu Huroiroh Rodhiallohu’anhu berkata bahwa Rasululloh Sholallohu ‘alayhi wasalam bersabda “Barang siapa yang berDUSTA ata(nama)ku, maka hendaknya ia mengambil tempat tinggalnya di NERAKA” (Mutaffaq ‘alayh, Shahihul Jami’, Mutawattir)

  38. rony Says:

    mas piko, maaf saya memang bukan ahli hadits. dan terus terang, kalaupun Allah menginginkan saya masuk neraka, seberat apapun itu, insyaAllah akan saya jalankan. perintah Dia adalah yang tertinggi menurutku. adapun hadits yang saya maksud adalah:

    “Hadits riwayat Miswar bin Makhramah radhiallahu anhu: Bahwa dia pernah mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda dari atas mimbar: Sesungguhnya keluarga Bani Hisyam bin Mughirah meminta restu kalau mereka akan menikahkan putri mereka dengan Ali bin Abu Tholib. Tentu saja aku tidak merestui, aku tidak merestui, sekali lagi aku tidak merestui kecuali jika Ali bin Abu Tholib berkenan menceraikan putriku terlebih dahulu kemudian menikahi putri mereka tersebut. Karena putriku adalah bagian dari diriku, apa yang menggangguku akan mengganggunya dan apa yang menyakitkan aku akan menyakitkan dirinya.” [Hadits Marfu. Al-Bukhori No.2879, Muslim No.4482, At-Tirmidzi No.3802, Abu Dawud No.1772, 1773, Ahmad bin Hambal Bab 4 Hal 326].

    Juga ada termaktub dalam kitab Fath al-Bari, karya Ibn Hajar ada sebuah hadis yang diriwayatkan al-Miswar bin Makhramah, bahwa Nabi melarang Ali r.a. menikahi perempuan lain dan memadu Fatimah. Nabi saw. Menegaskan, “fatimah adalah putriku, bagian dari diriku, aku merasa terganggu apa yang mengganggu dirinya, dan aku merasa terluka dari apa yang melukai dirinya” (hlm. 185).

    demikian.

  39. sharivan Says:

    ada berita baru lho (bukan gosip), bahwa sebenarnya aa gym menikahi alfarini sudah sejak…… oops… ga jadi ah, tar makin runyam n gw ditodong wartawan inpotenmen pula xixixi

  40. eby Says:

    (piko_jogja dan rony)

    Subhanallah, semoga perbedaan kalian berdua membawa kita kepada yang diridhoi Allah. Kebenaran hanya pada Allah. Amin. Surga dan Neraka adalah Hak Nya. Jadi ingat lagu Surga dan Neraka jika tidak pernah ada, apakah kita akan tetap menjadi orang baik? Subhanallah.

  41. moetia Says:

    Hei salam kenal, boleh ikut nimbrung? Aq orang yang masih belajar makna islam sesungguhnya, Ternyata perbedaan itu indah, tapi ada satu yang dilupakan ummat, apakah masih percaya ataw masih tunduk dan patuh terhadap Alquran? Semua tahu kan kalau alquran Firman ALLAH? Allah aja tidak melarang kenapa kita yang ribut (Polygami red)? Ingat Firman Allah: Sesuatu yang baik buat kamu bukan berarti itu baik dihadapan Allah, dan begitulah sebaiknya Sesuatu yang buruk buat kamu bukan berarti itu buruk dihadapan Allah.(Kalau ada yang tahu ini ada disurat dan ayat berapa kasih tahu ya..) Semua Ada Hikmah Insya Allah..
    Maaf kalau ada yang tersakiti….

  42. ferri Says:

    semoga aak bisa membahagian ke2 istrinya dan dapat berlaku adil serta mencintai anak2nya. buat teh Nini semoga keikhlasannya menjadi sarana transportasi menuju syorga, amin
    by Feri,Rahmad,Ade dan kawan2

  43. FiHaBo Says:

    Saya sudah membulak balik tafsir surat Annisa yang dipakai dasar POLYGAMI, engga ketemu tuh. Yang ada malah ISLAM membatasi bukan menganjurkan-membolehkan-atau seribu alasan lainnya pembungkus “nafsu”. Mudah-mudahan kitab-kitab tafsir yang saya baca itu lebih berisi kebenaran, bukannya praktik pembenaran.

  44. ferri Says:

    Burung puyuh membuat sarang
    Sarang dibuat dari ilalang muda
    Dahulu janji hanya kamu seorang
    Sekarang mengapa tega tuk mendua

    Hadapilah kenyataan
    Walau menyakitkan
    Degan senyuman
    senyum itu indah,melakukanya pun mudah
    tetapi jikalau hati terluka
    apakah kita bisa melakukanya
    wahai senyum yg indah,ternyata tak muda
    aku untuk mengapaimu.

    Maaf wahai dewa pemaaf dimana
    engkau kini,aku rindu padamu.

    (dewa hanya kiasan)

  45. kader_PKS Says:

    tulisan anda dari sisi etika menasihati sudah cukup bagus, tapi sisi konten ternyata semua tulisan anda cuma dugaan2, prasangka2 saja, bisa benar bisa juga tidak benar… saran saya tidak patut bagi aa gym untuk disangka2…biarlah itu urusan aa gym dengan Tuhannya ttg apa motif dia menikahi janda cantik… yg tahu hanya aagym dan Allah, dan Anda, anda sama sekali tidak tahu.

    Jadi saran saya buat Anda.. tulislah selalu hal-hal yang bersifat fakta.. ingat Allah mengatakan “….sebagian dari prasangka itu adalah dosa”. Jadi berhati2lah wallhu a’lam

  46. rony Says:

    mas kader pks:
    makasih atas nasehatnya :)
    tapi yang tentang mlm, itu bukan prasangka.
    dan.. sebentar.. saya kan bertanya.. ah tapi ya sudahlah.. :D

  47. godril Says:

    Lalu saran apa yang bisa disampaikan untuk mengtasi permasalahan homoseksual dan lesbianism? Jumlah wanita yang lebih banyak dan jumlah pria yang sedikit belum lagi ditambah yang gay? Mari keluar dari konteks aa gym sebentar. Ini soalnya yang dibahas bukan pernikahannya.. tapi tentang poligami. Jika seorang istri rela berbagi suami DAN sang suami merasa mampu untuk adil, why not? Jika sang istri tidak rela berbagi suami dan suami merasa tidak mampu untuk berbuat adil.. maka monogamilah. Lalu bagaimana tentang Ketua bidang Keagamaan Golkar? Halal kah? Mana yang lebih baik? bersetubuh terekam hp di hotel tanpa nikah atau yang menikah tapi poligami? Jika mas rony yakin bahwa sekarang ini tidak ada manusia yang bertujuan mulia seperti Nabi SAW, how would you know? Are you God already? Jika aa gym pake dalih agama, dan ternyata tidak jujur, ya sudahlah, biar beliau yang menanggung… kenapa kita terjebak ghibah? Kalo aa gym pake kata-kata mengingatkan tentang ghibah sebagai tameng, kenapa kita tidak menuruti saja toh demi kebaikan kita, perkara dia hanya memakai alasan biar dia menanggung. Katanya jangan mengkultuskan seseorang, ajarannya yang lain bagus kok (selain mlm sama poligami), kenapa kita tidak filter? Kita juga punya akal budi kok. Bisa memilih sendiri mana yang bisa jadi input mana yang dibuang. Belajar tidak harus dari malaikat, kyai dan Al Quran, belajar juga bisa dari setan, iblis dan jin untuk menghindari apa yang mereka suka supaya mendapat ridha Allah. “Lho siapa kamu brani ngisi komen disini padahal kamu tukang zinah????” Memang saya sedang berjuang melawan tetapi orang lain tidak perlu tau kan? Isi hati dan benak pikiran bukan urusan orang ke orang. Tapi urusan orang ke tuhan. Perspektif poligami sendiri selama ini masih dependence kepada sejarah, riwayat semata. Jika ada ayat AL Quran yang NYATA2 menentang poligami, maka saya akan mengimani. Thanx and be careful with your own life.

  48. rony Says:

    @godril:
    thanks.
    saya justru tidak membicarakan tentang poligami-nya, saya bertujuan menyumbang nasehat untuk aa’ gym.
    Tampaknya perlu saya luruskan bahwa saya tidak men-judge bahwa seseorang tidak bisa adil, tulisan saya ini saya akhiri dengan pertanyaan.
    Pertanyaan tentu bukan kesimpulan, benar? Nah, saya bukan Tuhan, tolong jangan berfikir begitu.
    Jadi, saya tidak menentang poligami, tulisan ini tidak bertujuan untuk itu. Ini hanyalah satu tugas yang dibebankan pada tiap khalifah (kita semua khalifah di muka bumi) agar saling nasehat menasehati. Terus terang unsur subyektif sangat kental, karena jikalau yang diperistri aa gim adalah janda tua dan lemah, sangat mungkin saya tidak menulis surat, ini sisi subyektif saya. Juga andaikan aa’ gim atau siapapun menikah lagi dan berkata,”saya menikah karena nafsu besar walau ejakulasi saya prematur”, maka saya tidak akan membahasnya. :D
    Maka sekarang saya justru bertanya, apa salahnya bertanya?
    tambahan:
    apakah bisa dibenarkan membandingkan dua hal yang bertolak belakang? membandingkan selingkuh dengan poligami? ini sama saja dengan membandingkan sepeda dengan sepatu. jadi membandingkan hal itu dalam lingkup tulisan ini, sama sekali tidak relevan.

  49. wong pati Says:

    moga2 ada AA gy yang baru deh, yg lebih baik..Amien

  50. iman brotoseno Says:

    ah saya mah mending sama Aa dadang,..supir angkot dayeuh kolot ke cicaheum

  51. *cari idol* Says:

    Saya jg sama Aa dadang ajah ah…..

  52. muslimah Says:

    Asslm. Smoga kita trmasuk orang2 yg saling mnasihati dlm kbenaran & ksabaran. Dan sebaik-baiknya nasihat atau kritikan itu adalah jk kita dpat mnyampaikannya scara lngsung kpd orang yg ingin dinasihati/dikritiki. Krn yg demikian akn lebih mnjaga satu sama lain dari su’udzon (prasangka buruk). Bukankah kita jg akn jauh lebih senang & menaruh hormat kepada orang yg menasihati/mengkritik kita secara langsung dibandingakan jika orang tersebut membicarakannya di belakang kita… Dan seutama-utamanya kritikan dan nasihat adalah kritikan/nasihat yg ditujukan untuk kita sendiri. Krn kita akn mempertanggungjawabkan diri kita bukan orang lain…..

  53. rony Says:

    mbak muslimah (lilis?):
    wa’alaikum salam. memang benar bahwa jika disampaikan langsung akan lebih baik. saya sekarang sedang mencoba menyampaikannya secara langsung juga mbak, tetapi tidak melalui pak pos, atau melalui mailserver, tetapi melalui googlebot.
    mungkin lebih lambat nyampainya, mungkin juga gak sampai. wallahua’lam.
    nah, mengenai bicara di belakang, saya rasa justru saya bicara blak-blakan. bukan di belakang, bukankah begitu? :)
    saya sangat senang dikritik, dan semoga media ini bisa jadi pembelajaran bagi kita mengenai metode kritik. ada banyak metode, dan kita bisa melakukannya.
    terimakasih mbak. salam.

  54. harry Says:

    Mengenai hadits Fatimah, konteksnya tidak ada.
    Ini bisa ditemukan misalnya disini.

    Mizazeez ini tadinya non-muslim, lalu masuk Islam, menikah dengan muslim, sempat juga stress ketika tahu suaminya akan menikah lagi; namun kemudian dia memilih logika daripada emosi. Alhamdulillah sekarang sudah kompak dengan istri kedua suaminya.
    Malah jadi nge blog :) dan berbagi pengalaman-pengalamannya secara langsung.

    Sekedar tambahan perspektif dalam soal ini.

  55. rony Says:

    mas harry:
    terimakasih infonya. memang hadits itu belum disertai konteks. yaitu bahwa nabi keberatan karena ini menyangkut background keluarga si wanita, yaitu abu jahal.
    namun, di sisi lain, hal ini menunjukkan bahwa ketidaksetujuan maupun keberatan atas poligami bukanlah melawan hukum Tuhan. Dengan alasan yang tepat, seseorang berhak untuk berkeberatan atas keputusan poligami seseorang. bukankah demikian?

  56. harry Says:

    Betul sekali, karena hukum awal poligamy yang “boleh” / mubah, jadi kalau kita tidak mau melakukan ya tentu saja tidak apa.

    Yang tidak boleh itu jika tiba-tiba kita mengumumkan bahwa hukum poligamy adalah haram.

    Atau karena sifat fikih adalah kondisional, ketika ada situasi dimana poligamy sangat diperlukan dan menjadi wajib, namun justru kita tidak lakukan.
    (dan kita malah melakukan hal yang haram, seperti zina)

    Kira-kiranya demikian, trims.

  57. godril Says:

    quote:
    apakah bisa dibenarkan membandingkan dua hal yang bertolak belakang? membandingkan selingkuh dengan poligami? ini sama saja dengan membandingkan sepeda dengan sepatu. jadi membandingkan hal itu dalam lingkup tulisan ini, sama sekali tidak relevan.

    Saya membandingkan dua hal yang bertolak belakang juga. Bukankah lebih baik demikian (poligami) daripada harus selingkuh? Kedua nya sama sama tokoh bidang keagamaan lho. (ya nanti moga2 mas rony nulis surat juga buat YZ sama ME).
    =================================================

    quote:
    Jadi, saya tidak menentang poligami, tulisan ini tidak bertujuan untuk itu. Ini hanyalah satu tugas yang dibebankan pada tiap khalifah (kita semua khalifah di muka bumi) agar saling nasehat menasehati.

    68% + 32% SETUJU! Begitulah saya kepada mas rony.
    =================================================
    quote:
    Terus terang unsur subyektif sangat kental, karena jikalau yang diperistri aa gim adalah janda tua dan lemah, sangat mungkin saya tidak menulis surat, ini sisi subyektif saya.

    Nah ini lho mas… tidak kah sangat jelas ada celah jebakan disini. Ah.. you know lah.

    =================================================
    quote:
    Maka sekarang saya justru bertanya, apa salahnya bertanya?

    Yeah rite. Heheheheheh (ga bisa nulis TM yang hurup kecil2 itu).

    =================================================

  58. rony Says:

    @godril:
    :D
    ya intinya justru di jawaban saya untuk mas harry sufehmi. berdasar (sekalian) ke hadits dan konteks. jadi ini adalah upaya mengingatkan. dan tidak ada yang dosa dengan mengingatkan/keberatan soal poligami.
    mungkin cara saya kurang bijak, ini keterbatasan saya. namun, berkeberatan dengan poligami adalah sunnah (dicontohkan nabi).

    mengenai perbandingan selingkuh dengan poligami, sekali lagi saya tekankan itu bukan hal yang bisa dibandingkan. jelas poligami wilayah yang halal, sementara selingkuh haram. sama aja membandingkan makan daging sapi dengan daging babi. gak bisa dibandingkan.
    nyatanya, orang bisa makan daging sapi sambil sesekali makan daging babi bukan? orang poligami sangat mungkin juga berselingkuh. :) jadi itu bukan hubungan sebab-akibat maupun tanya-jawab.

  59. Yuni Yahya Says:

    ummat Islam sudah punya al-qur’an dan hadits sebagai pedoman dalam menjalani hidup, dari jaman dahulu kala sampai saat ini. Semua isinya tidak pernah berubah. Jadi, kenapa mesti diperdebatkan dengan dalih pembenaran dan segala macam.
    Tentang siapa yang berpoligami, sanggup atau tidaknya, kembali lagi kepada pertanggung jawaban nya secara individu di hadapan sang Khalik. Selama ia mampu menjalankan sesuai ketentuan, why not ? Tapi yang jelas, saya tidak akan bisa sekuat teh Ninih. Saya pasti akan membunuh suami saya bila berani minta izin poligami. Mungkin karena kami belum kaya raya kali yach.. Ga tau ah, gelap !

  60. Ratri Says:

    surat anda bagus sekali, saya hanya mau bilang bahwa Kadang kita tidak tahu persis apa sebab orang melakukan sesuatu, tapi kadang kita merasa sok tahu.Saya juga wanita dan saya pikir media terlalu membesar2an masalah poligami Aa Gym.Foto2 istri ke 2 beliau yang disebarkan di media adalah foto2 masa mudanya. Sedangkan sekarang kondisinya tidak sama dengan itu.
    Dan sebagai orang yang mengerti filsafat saya yakin anda cukup cerdas untuk tahu, Tahu apa maksud media membesar2kan masalah Polygami Aa Gym.Saya pikir ini juga ada hubungannya dengan pemilu 2009.Kalau saja tujuan poligami aa gym semata demi libido saya pikir beliau bisa lebih mencari yang lebih baik. Yang masih gadis misalnya.
    Saya bukan membela.Poligami sesuatu yang ditakuti bagi wanita. tapi realita berkata, jumlah perempuan dasn laki2 tidak sebanding… Saya pikir Allah menurunkan ayat tentang poligami untuk kebaikan manusia.Akan semakin banyak PSK dimana2. Mereka mencari kebutuhan fitrah mereka. Pemuasan seks…
    Dan manusia berhak berpendapat apapun, berfilsafat seperti apapun tentang hal ini. Tapi selamanya manusia terbatas. Tidak bisa menandingi hukum Tuhan.
    He2 serius bgt ya? Yaa saya cuma aneh aja. Istri simpanan dinggap biasa, PSk biasa saja…Tapi poligami aja ributnya sampai ke istana presiden. Jadi sebenarnya ada apa dengan manusia? Ada apa dengan KITA?

  61. Ratri Says:

    Nambah lagi deh… masih banyak urusan lain yang perlu di selesaikan lhooo…nggak cuma ngurusin isu poligami booo
    Ah Manusia memang aneh…

  62. aa gym Says:

    ………hmmmmmmm
    Yang dikatakan ananda Rony benar,bettul?!
    Iyya tidak?! *logat Gym mode ON*
    kalo begitu saya kaan insyaf saja deh…

  63. Yanuar Says:

    Lanjut..lanjut….

    si AA meni ga ngajak2 teh Rini.. nonton aja lah sendiri di youtube.com… ceramahnya berlangsung di Doha 13 desember 2006… tuh link videonya dibawah.

    http://www.youtube.com/watch?v=rE0yzWyR8ng

    Liat juga yang dibawah ini.. nyanyian plesetan Jagalah Hati.. versi rock.. sayang yang nyanyi anonym.. alias ga menampakkan diri..

    http://www.youtube.com/watch?v=XOQfLBoMjEc

    Kalau yang dibawah ini press release “Pengakuan AA Gym”. No picture.. suara aja.

    http://www.youtube.com/watch?v=Adnr61hqHlU

    (p.s. not bandwith friendly)
    (http://roffigrandiosa.wordpress.com/2006/12/20/poligami-aa-gym/)

  64. Team Positif Says:

    Menanggapi hal ini,
    Saya sih cenderung tenang aja
    GITU AJA KOK REPOT..?
    Yang penting apa yang dilakukan oleh A A GYM tidak bertentangan dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah. Masalah polygami kan tidak bertentangan, kecuali bagi mereka yang ingkar pada-Nya. Trus untuk masalah MLM, asalkan niatannya untuk saling membantu, menyemangati, saling menguntungkan, menjalin silaturahmi dan tidak menipu … maka Orang BIjak akan bilang hal ini sah - sah saja dan kalau perlu perlu didukung..! GITU AJA KOK REPOT..!

  65. rony Says:

    @team positif:
    mungkin anda juga akan membenarkan orang berjudi, dengan dalih untuk membantu.
    maka saya bilang, anda keblasuk. ini gak repot, saya cukup ngetik :p

  66. Echi Says:

    Saya ingin sampaikan kepada siapapun yang masih mau berpikir dan merenung walau sejenak. Bahwa di balik semua perdebatan sia-sia ini banyak mulut yang menguak lebar dengan deraian tawa kepuasan, menyaksikan perdebatan tentang kebodohan suatu kaum. Jadi, jangan teruskan membahas. Sudahlah, mari sama merenungi diri, agar selamat meniti kehidupan dunia dan menikmati akhirat dengan kebahagia-an. Tahukah anda2 sekalian, bahwa Indonesia kita di tengah ancaman krisis yang berkepanjangan dan tidak tahu solusi apa yang bisa mengatasinya. Siapa yang harus disalahkan ?
    Juga tentang maraknya berita akhir tahun yang didominasi oleh bagian dari kaum se-aqidah dengan kita. Bukankah itu amat memalukan ! Dan tanpa merasa berdosa sedikit-pun malah mengumbar dosa ke publik, dengan bangga lagi…
    Kiamat sudah semakin dekat saja. Seandainya bisa pindah ke dunia lain,

  67. ummu thurayya Says:

    Assalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuhu
    Aneh, kenapa anda yang kebakaran jenggot. Itu hak beliau untuk menikahi siapa saja. Dan segala yang terjadi di bumi ini, atas kehendak Allah.
    Tulisan anda bagus, bagai seorang peng “kritis” yang berilmu tinggi, tapi sayang, kata-kata anda tetap kotor dan tidak ada rasa haya’ (malu).
    jangan terlalu merasa hebat kawan…karena lidah juga termasuk salah satu penyebab seseorang pulang ke Jahannam. Pilihlah kata-kata yang lebih bijak dan terhormat ketika mengkritik seorang yang ‘alim (setidaknya lebih berilmu dari pada anda dan saya).

  68. rony Says:

    wa’alaikum salam wahai ummu thurayya:
    dan juga mungkin untuk yang lain,
    bukannya justru kalian yang kebakaran jenggot karena saya menulis seperti ini?
    karena orang yang selama ini dipuja ternyata mulai menunjukkan boroknya? saya hanya berusaha mengingatkan bahwa janganlah kita terlena oleh surban dan sejenisnya.
    Silakan dipelajari benar seperti apa dia, maka data-data hanya akan menunjukkan kedok yang menyedihkan.
    Mari kita telusur:
    - Dari data awal mengatakan bahwa si istri kedua adalah rebutan sehingga bos menikahi biar gak jadi rebutan. Sampai sekarang tidak ada bantahan. Jadi, apakah bukan libido pilihan itu? bukankah bisa dinikahkan dengan yang lain?
    - Data kedua muncul, dikatakan ada 4 pilihan. pilihan terakhir adalah janda tua sakit-sakitan. Kenapa tidak si janda tua sakit-sakitan yang diambil? Apa salah jika saya berkesimpulan ini juga libido?
    - Data ketiga adalah sekarang istri pertama diajak kemana-mana untuk menjadi tameng.

    Maaf, sekarang saya benar-benar emosi oleh perilaku picik kalian yang masih saja terbelenggu oleh sesuatu yang naif bernama kekaguman! Akal budi kalian sudah kalian pentokkan dan tidak digunakan. Sadarlah wahai kawan.

    *dan saya tidak akan menanggapi lagi, saya akan memikirkan yang lain*
    sekali lagi: keberatan soal poligami adalah sunnah!

  69. Dinudin Says:

    Sudahlah nggak usah dibahas lagi masalah beginian. Masih ada hal lain yang lebih penting yang harus diurusin. Masalah Aceh, perlu penanganan serius tuh mas/mbak…baca di Media Indonesia, korban banyak yang jatuh. Gimana neh mas/mbak?

  70. Wicaksono Says:

    assalammu’alaikum wr.wb.
    Semua yg terjadi adalah takdir Allah swt., jadi tugas manusia adalah beramal dan ambil hikmahnya. Saya merasa bahwa ini adalah ujian bagi bangsa kita yang katanya paling banyak muslimnya, seberapa paham tentang Islam itu sendiri. Ini bukan hal baru, tetapi sekarang menjadi perdebatan nasional. Tapi knapa?
    saya netral aja, tapi coba kita lihat dari persepsi saya; 1. Aa’ Gym yg sudah berjuang untuk siar Islam(InsyaAllah) apakah se-sembrono itu bertindak? Tidakkah ada pertimbangan” yg kita tdk tau? Menikahi adalah suci dgn menghindari berzinah. Allah memberi rahmat ilmu, iman Islam atas hamba yang dikehendakinya. Apakah anda, saya sudah bisa berbuat siar seperti Aa’ Gym? Allah akan cinta kepada hambanya yang berjuang menyiarkan agama Allah, Sekarang apa iman seorang aa’ Gym hanya untuk sandiwara. sementara saya kira bukan perjuangan mudah untuk berdakwah, apa ia tidak berikhtiar dahulu( istikharoh misalnya) sebelum bertindak? Padahal saya yakin dia bukan orang bodoh yang tdk tau tentang hal” negatif yg mungkin timbul dari perbuatannya yang mungkin dapat merusak perjuangannya selama ini?
    2. Teh Nining lebih mengerti daripada smua orang tentang hal ini, dan ia memberi izin kpd suaminya untuk menikah lagi. Apa alasannya? Apa dia juga buta tentang polygamy? Atau karna sikapnya yang rela menerima takdir dan hukum Allah? Apakah anda bisa melihat cara dia beriman kpd Allah swt.?
    3. kmd istri mudanya, dalam Islam janda wajib ditanya hukumnya kalau mau dinikah , apa setuju atau tidak. jadi bukan perkara rebutan, dia berhak untuk memilih siapa yang paling baik agamanya dan yang beriman seperti yang dianjurkan oleh Rasullulah saw. Apa aa’ gym lebih beriman? Apa orang” lain yg “memperebutkan” lebih baik agamanya?
    Jika memang libidonya tinggi, knapa baru sekarang menikah setelah 20 thn berumahtangga sama janda lagi bukan perawan? Bisa jadi ini adalah rahmat kpd aa’ Gym, atau mungkin cobaan kpd dia dan keluarganya(wallahualam).Intinya memang Aa’ Gym adalah seorang pemuka agama, tetapi dia juga mahluk pribadi yang berhak membuat keputusan thd dirinya dan keluarganya, bukankah smua keluarganya termasuk istrinya tdk melarang? Trus knapa banyak orang menentang? Apa itu tdk mencampuri urusan intern keluarganya? Dia berbuat dosa atau tidak biarlah Allah S.W.T yg memberikan penilaian bukan saya atau anda.
    Jika anda ingin bersaran knapa tidak secara langsung?, dgn dikirim di disini akan banyak orang yang beropini tanpa diketahui yang bersangkutan(apa ini bukan Ghibah) dan anda berkomentar dengan pendapat yang memojokkan dan negatif(apa ini bukan su’udhon). Allah swt. maha tau akan smua hamba-Nya, dan apapun akan terjadi atas izin-Nya, jadi biarlah ini menjadi Pertanggungan jawab aa’ Gym dgn Khalik-nya. Saran saya jadilah anda orang yang lebih baik dari Aa’ Gym karna anda merasa “tahu” sesuatu yang dia tdk tahu, dan anda merasa “sadar” sesuatu yg dia tdk sadar. (Maha suci ALLAH yg maha mengetahui) subhanallah 3x Allahu Akbar 3x
    Wassalam

  71. hafid Says:

    apakaah menjelek-jelekkan dan membuka aib orang itu lebih baik dari pada poligami?

  72. Teteh Alfarini hehe Says:

    Kalo mau jujur…Alfarini juga harus tau diri, tapi dasar janda gatel…suseh yaks…suami orang kaya yaks tetep ajah..Emang kalo sudah soal tentang “Si Otong”…suseeeeeeeeh amir…….Kyai or orang alim pun mengeluarkan semua hadis dan dalil untuk melegalkan ………”Otong otong teteeep……..”
    Yang perempuan gatel….yang kyai otongnya udah ngk bisa diajak kompromi.klop jadina…….hahaha.selanjutnya urusan doski ame TUHAN………..kasian yang mendukung…….karena sama kaleeeeeeeeee

  73. Teteh Alfarini hehe Says:

    Buat yang dukung poligmi…tepuk dada tanya selera………jgn jd munafik……..tidak pernah ada ADIL di hati manusia..kecuali ANDA bukan manusia…….Bohong kalo anda tidak pernah ada rasa marah sedih benci…….makanya jangan Mimpi..cubit diri sendiri.jadi jangan tidur mulu…bangun…..Saya selalu ingat kata2 AA’ Gym yang paling berbahaaaaaaaaaya itu adalah apabila seorang alim ulama telah mengeluarkan dalil2nya…..yahhhhhhhh sekarang udah terbukti d…….capeeeeeeeek d

  74. Teteh Alfarini hehe Says:

    buat AA’ Gym……..

    hanya demi satu perempuan…..berjuta-juta…….orang banyak yang kecewa……..

  75. Agust Says:

    sebenar nya,polygami adalah masalah rumah tangga orang lain.Siapapun itu Jika dia mampu membagi waktu dan etc. N keduabelah pihak (istri 1 n 2)nggk ada masalah ,saya rasa itu wajar-wajar aja.

  76. erwin Says:

    Saya rasa nggak ada yang salah dengan tindakan Aa GYM.

  77. tole Says:

    Itulah kalo sudah merasa pinter & menganggap orang lain (Aa’ Gym) lebih bodho ….
    Belum mampu belajar agama dengan cukup tapi sudah merasa bisa menafsirkan Al Qur’an & Hadits dengan akalnya … subhanAllah ….
    Coba kita lihat apa komentar2 yg keluar, banyak komentar2 yg tidak pada tempatnya yg hanya melukiskan itulah isi otak penulisnya …
    Maaf mas Ronny, ini semua akan mas Ronny pertanggung-jawabkan kelak - mudah2an Allah memudahkannya kelak.

    Saya rasa, kalau kita pengen bener2 tahu poligami bisa kita lihat pada tulisan pada orang2 yang memang mempunyai kapasitas, misal :

    1. Poligami dalam Pandangan Syariah, http://www.eramuslim.com/ust/nkh/4573eb6e.htm
    “Barat adalah Pendukung Poligami yang Tidak Manusiawi

    Dan kini karena masyarakat barat banyak menganut agama nasrani, ditambah lagi latar belakang budaya mereka yang berangkat dari Romawi dan Yunani kuno, maka mereka pun ikut-ikutan mengharamkan poligami.

    Namun anehnya, sistem hukum dan moral mereka malah membolehkan perzinahan, homoseksual, lesbianisme dan gonta ganti pasangan suami isteri. Padahal semua pasti tahu bahwa poligami jauh lebih beradab dari semua itu. Sayangnya, ketika ada orang berpoligami dan mengumumkan kepoligamiannya, semua ikut merasa `jijik`, sementara ketika hampir semua lapisan masyarakat menghidup-hidupkan perzinahan, pelacuran, perselingkuhan, homosek dan lesbianisme, tak ada satu pun yang berkomentar jelek.

    Semua seakan kompak dan sepakat bahwa perilaku bejat itu adalah `wajar` terjadi sebagai bagian dari dinamika kehidupan modern.”

    2. Mengapa Rasulullah Melarang Puterinya Dipoligami ? http://www.eramuslim.com/ust/nkh/4573eb6e.htm
    “As-Sayyid bin Abdul Aziz As Sa’dani mengatakan bahwa sesungguhnya hadits atau hukum larangan poligami ini khusus untuk putri Rasulullah SAW. Dan bahwasannya ia tidak akan berkumpul dengan putri musuh Allah. Oleh karena itu, putri Rasulullah tidak akan bersatu bersama putri musuh Allah. Sebagaimana yang dikatakan oleh Ibnul Munayyir Al-Iskandari, “Ini termasuk dalam wanita wanita yang diharamkan. Oleh karena itu, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Sesungguhnya aku khawatir mereka akan menfitnah putriku.” Kalau Ali bin Abu Thalib menikah dengan selain putri Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam, niscaya Nabi tidak akan mengingkarinya…

    Maka argumentasi haramnya poligami hanya berdasarkan karena Rasulullah SAW melarang Ali bin Abi Thalib menikahi Juwairiyah setelah beristrikan Fatimah ra. adalah argumentasi yang kurang tepat. Mungkin mereka yang mengatakannya terbawa nafsu dan kurang memahami hakikat dan realita sirah nabawiyah yang sesungguhnya. Juga kurang mengenal metode istimbath hukum fiqih yang baku.

    Cukup dengan melihat siapa saja yang berargumentasi demikian, kita akan tahu kebanyakannya bukan ahli syariah. Sehingga tidak berhak untuk secara serampangan melakukan istimbat hukum syariah. Sesungguhnya hukum tentang poligami hanya tepat disimpulkan oleh mereka yang punya kapasitas dalam ilmu syariah. Tanpa penguasaan yang benar terhadap ilmu syariah, maka hasilnya tidak pernah bisa dipertanggung-jawabkan.”

    3. Hadist Tentang Poligami, http://www.syariahonline.com/new_index.php/id/5/cn/2560
    “Bila kaum feminis ingin memerangi poligami dengan menggunakan hadits nabi SAW, maka yang terjadi adalah senjata makan tuan. Mereka pada dasarnya tidak mengerti dan tidak paham syariat Islam, sehingga mereka pikir kalau ada satu dua hadits atau ayat Al-Quran yang secara sekilas sesuai dengan maunya mereka, bisa digunakan.”

    4. Poligami Betulkah Sunnah Rosul ? http://www.syariahonline.com/new_index.php/id/5/cn/2315
    “Nikah yang wajib itu bila seorang sudah memiliki kemampuan baik moril atau pun finansial, sementara dia berada pada jurang perzinahan dan nyaris terperosok ke dalamnya, maka baginya menikah itu wajib, bukan sekedar sunnah. Sebaliknya, bila seorang laki-laki baru punya sedikit-sedikit harta sedangkan di depannya masih ada tugas besar, lagi pula umurnya masih sangat muda dan belum terlalu matang, maka menikah baginya sunnah atau mungkin malah mubah. Sedangkan orang yang akan mencelakakan istri / pasangannya,.maka nikahnya haram.

    Hal yang relatif sama juga berlaku bagi seorang yang ingin poligami. Bila dengan poligami itu akan menimbulkan mudharat baik finansial maupun psikologis, maka tentu tidak lagi menjadi sunnah. Sehingga bisa kita katakan, masalah ini kembali kepada kasus masing-masing. Tapi jangan sampai kita mengatakan bahwa poligami tidak ada dalam syariat Islam.”

    5. Poligami Utk Menyalurkan Nafsu Birah, http://www.syariahonline.com/new_index.php/id/5/cn/2077
    “Sehingga jauh-jauh hari Islam sudah mengantisipasi kemungkinan terjadinya fenomena ini dengan membuka pintu untuk poligami dan menutup pintu ke arah zina. Dari pada zina yang merusak nilai kemanusiaan dan harga diri manusia, lebih baik kebutuhan itu disalurkan lewat jalur formal dan legal. Yaitu poligami.”

    Mengenai kabar2 yang mas Ronny dengar itu apakah bener2 valid ? jangan2 seperti yg dulu2, mas Ronny hanya dengar dari katanya bukan ketemu sumbernya langsung & mas Ronny langsung percaya … wahhh ya berat masss, bukankah ada itu kalau orang Islam mendapat berita disuruh croos chek dengan sumbernya

  78. tole Says:

    Oh ya … ini ada tulisan orang lain yg bisa jadi bahan pemikiran juga di http://akmal.multiply.com/journal/item/395 “Maniak Seks yang Anti Poligami”

    “Seorang maniak seks memang sulit memahami motivasi di balik sebuah pernikahan selain seks. Sungguh menyedihkan. Mari mendoakan mereka agar cepat sembuh.”

  79. rony Says:

    @mas tole:
    tidak ada yang perlu saya konfirmasikan sepertinya. bahwa saya bertanggungjawab, jelas, bukankah saya menulisnya di blog saya sendiri? :)

    mengenai konfirmasi, iya, saya membuat tulisan itu berbentuk pertanyaan, sudah saya tulis juga sebenarnya. jadi, tinggal tunggu pertanyaan dij
    awab, kalaupun tidak, ya sudah. mungkin memang saya gak penting. :)

    nah mengenai kaitan antara zina dengan poligami, saya pikir sudah dibahas juga. tidak bisa dikaitkan. yang satu jelas dosa, yang menjalani berarti memang memilih untuk itu. yang lain memang halal (poligami adalah halal, saya sudah tekankan itu), tetapi dengan syarat yang memang harus dijalankan.

    Nah, intinya, saya menulis ini untuk mengingatkan seseorang yang sudah terlanjur menjadi panutan orang banyak. Alangkah indahnya jika beliau berpikir ulang atas akibat dari tindakannya. Tindakannya bukan sekedar berakibat bagi dirinya sendiri, tapi juga kepada umat yang mempercayainya. Semua sudah saya tulis, dan berkait pula dengan tulisan saya tentang sesat pikir. maka, apa yang mas tole sampaikan sungguh sangat disayangkan, sejauh ini tidak ada yang relevan. :)

  80. tole Says:

    Tulisan mas Rony, ” Ketika isu mengenai poligami mencuat, muncul pula argumentasi sesat pikir. Lagi-lagi pembandingan yang salah kaprah. Dibandingkan antara poligami dengan selingkuh.

    Semestinya kita bisa berfikir lebih jernih seandainya emosi tidak diikutkan. Bahwa selingkuh dengan poligami tidak memiliki hubungan sebab-akibat maupun pertanyaan-jawaban. Seseorang yang poligami sangat mungkin untuk selingkuh, demikian pula sebaliknya. ”
    ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
    Ini kutipan dari http://www.eramuslim.com/ust/nkh/4573eb6e.htm

    ” Dr. Yusuf Al-Qardawi mengatakan bahwa pada hakikatnya apa yang dilakukan oleh Barat pada hari ini dengan segala bentuk pernizahan yang mereka lakukan tidak lain adalah salah satu bentuk poligami juga, meski tidak dalam bentuk formal.

    Dan kenyataaannya mereka memang terbiasa melakukan hubungan seksual di luar nikah dengan siapapun yang mereka inginkan. Di tempat kerja, hubungan seksual di luar nikah menjadi sesuatu yang lazim dilakukan oleh mereka, baik dengan sesama teman kerja, atau antara atasan dan bawahan atau pun klien mereka.

    Di tempat umum mereka terbiasa melakukan hubungan seksual di luar nikah baik dengan wanita penghibur, pelayan restoran, artis dan selebritis.

    Di sekolah pun mereka menganggap wajar bila terjadi hubungan seksual baik sesama pelajar, antara pelajar dengan guru atau dosen, antar karyawan dan seterusnya. Bahkan di dalam rumaah tangga pun mereka menganggap boleh dilakukan dengan tetangga, pembantu rumah tangga, sesama angota keluarga atau dengan tamu yang menginap.

    Semua itu bukan mengada-ada karena secara jujur dan polos mereka akui sendiri dan tercermin dalam film-film Hollywood di mana hampir selalu dalam setiap kesempatan mereka melakukan hubungan seksual dengan siapa pun.

    Jadi peradaban barat membolehkan poligami dengan siapa saja tanpa batas, bisa dengan puluhan bahkan ratusan orang yang berlainan. Dan sangat besar kemungkinannya mereka pun telah lupa dengan siapa saja pernah melakukannya karena saking banyaknya. Dan semua itu terjadi begitu saja tanpa pertanggung-jawaban, tanpa ikatan, tanpa konsekuensi dan tanpa pengakuan. Apabila terjadi kehamilan, sama sekali tidak ada konsekuensi hukum untuk mewajibkan bertanggung-jawab atas perbuatan itu.

    Poligami tidak formal alias seks di luar nikah itu alih-alih dilarang, malah sebaliknya dilindungi dan dihormati sebagai hak asasi. Lucunya, banyak negara yang mengharamkan poligami formal yang mengikat dan menuntut tanggung jawab, sebaliknya seks bebas yang tidak lain merupakan bentuk poligami yang tidak bertanggung jawab malah dibebaskan, dilindungi dan dihormati. ”

    Apakah pendapat Dr. Yusuf Al-Qaradawi juga sesat pikir ? seharusnya mas Rony bisa berdiskusi rame dengan beliau waktu ke Indonesia baru2 ini.

    Karena ternyata poligami adalah jawaban ( secara syar’i) dari selingkuh yang melanda masyarakat (barat - terutama) & itu juga ada hubungan sebab dan akibat.

  81. tole Says:

    Tentang hadits riwayat Miswar bin Makhramah radhiallahu anhu.

    Ternyata ada bantahan seperti di http://thetrueideas.multiply.com/journal/item/239
    ” Sesungguhnya Ali bin Abi Thalib melamar putri Abu Jahal sesudah dengan Fathimah alahissalam, lalu aku mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam berkhutbah kepada orang-orang dalam hal itu, di atas mimbar beliau (nabi) bersabda: ”Sesungguhnya Fathimah adalah (sebahagian) dari aku, dan aku sangat mengkhawatirkan bahwa ia terkena fitnah (gangguan dalam agamanya). Kemudian beliau menuturkan menantu beliau (Ash bin Rabi’) dari bani Absi Syams, maka beliau memujinya dalam hubungan menantu – mertua, dimana beliau bersabda: ”Dia (Ash) memberitahukan kepadaku maka dia benar kepadaku,dan dia berjanji kepadaku maka dia memenuhi kepadaku. Dan sungguh aku tidaklah mengharamkan perkara yang halal dan tidak pula menghalalkan perkara yang haram. Tetapi demi Allah, tidaklah berkumpul putri Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dengan putri musuh Allah (Juwairiyah binti Abu Jahal) selama-lamanya.

    Maka, pertanyaannya kemudian siapakah yang tidak amanah dalam mengambil dalil ? ”

    Seharusnya mas Rony membaca juga di http://www.eramuslim.com/ust/nkh/4573eb6e.htm.
    ” As-Sayyid bin Abdul Aziz As Sa’dani mengatakan bahwa sesungguhnya hadits atau hukum larangan poligami ini khusus untuk putri Rasulullah SAW. Dan bahwasannya ia tidak akan berkumpul dengan putri musuh Allah. Oleh karena itu, putri Rasulullah tidak akan bersatu bersama putri musuh Allah. Sebagaimana yang dikatakan oleh Ibnul Munayyir Al-Iskandari, “Ini termasuk dalam wanita wanita yang diharamkan. Oleh karena itu, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Sesungguhnya aku khawatir mereka akan menfitnah putriku.” Kalau Ali bin Abu Thalib menikah dengan selain putri Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam, niscaya Nabi tidak akan mengingkarinya…

    Maka argumentasi haramnya poligami hanya berdasarkan karena Rasulullah SAW melarang Ali bin Abi Thalib menikahi Juwairiyah setelah beristrikan Fatimah ra. adalah argumentasi yang kurang tepat. Mungkin mereka yang mengatakannya terbawa nafsu dan kurang memahami hakikat dan realita sirah nabawiyah yang sesungguhnya. Juga kurang mengenal metode istimbath hukum fiqih yang baku.

    Cukup dengan melihat siapa saja yang berargumentasi demikian, kita akan tahu kebanyakannya bukan ahli syariah. Sehingga tidak berhak untuk secara serampangan melakukan istimbat hukum syariah. Sesungguhnya hukum tentang poligami hanya tepat disimpulkan oleh mereka yang punya kapasitas dalam ilmu syariah. Tanpa penguasaan yang benar terhadap ilmu syariah, maka hasilnya tidak pernah bisa dipertanggung-jawabkan. “

  82. tole Says:

    Tentang mengingatkan, saya rasa ada adab2nya apalagi kalau yang diingatkan adalah tokoh masyarakat.

    Di http://www.eramuslim.com/ust/dll/44ad7653.htm
    ” Namun semua itu ada adab-adabnya. Tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang. Contoh sederhana, bila saudara kita salah dalam membaca Al-Quran, cukup satu orang saja yang mengoreksinya secara komunikatif, konstruktif dan jelas. Tidak perlu 10 orang secara koor berteriak-teriak,”Hey bacaanmu salah, dasar goblok.”

    Demikian juga ketika kita mengevaluasi teman kita yang melakukan kesalahan, jangan lakukan di depan umum yang hanya akan menghina dan merendahkan harga dirinya. Tidak perlu semua orang memborbardir dengan penilaian, cukup satu orang saja yang benar-benar berwenang dan bijak. Yang tidak berkepentingan tidak perlu tahu dan tidak perlu ikut-ikutan sok menjadi hakim.

    Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebahagian kamu menggunjing sebahagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang. (QS. Al-Hujurat: 12) “

  83. rony Says:

    @mas tole:
    sungguh mas tole termasuk orang yang telaten dalam melakukan kopi paste demi argumentasi mas tole.
    sayangnya semuanya menjadi mentah karena tidak menukik pada kesimpulan yang tepat.
    argumentasi mas tole itu semua benar, tetapi sangat tidak berkait dengan tulisan saya. apakah saya mengharamkan poligami? sudah berkali-kali saya menulis bahwa dalam pandangan dan iman saya poligami adalah HALAL.
    emosi mas tole kiranya yang sudah menutupi. :)

    mengenai adab mengingatkan, kembali hal tersebut masalah konteks. siapa yang bisa mendengarkan sebuah nasehat, jika 10 orang menyampaikan bebarengan?
    oleh karenanya, saya mengirim surat terbuka. lha kalau ini disalahkan, waduh, ummar bin khattab tentu sudah membunuh seorang pemuda yang gak jelas darimana yang bilang akan menghunus pedang jika ummar berlaku salah. saya sedang melakukan apa yang saya yakini benar. mengingatkan seseorang yang dengan segala dalih dan argumen (yang sayangnya hingga saat ini sangat-sangat lemah dan justru berkesan membodohi umat) melakukan sesuatu yang menurut hemat saya kurang dipertimbangkan matang terlebih dahulu. ada dorongan lain sepertinya yang ada di diri si tokoh tersebut, sehingga dia melakukan hal itu. tentu, kalau memang ada argumen yang jelas, tidak perlu ada pembodohan umat bukan?
    Pembodohan umat yang saya maksud, berkait erat dengan apa yang disampaikan oleh ustadz yusuf al-qardhawi (yang memang sangat saya hormati). Apa yang disampaikan oleh ustadz yusuf sangat benar! tidak ada yang salah. Poligami adalah halal, dan pergaulan bebas di barat tak lebih dari poligami tanpa ikatan. Itu benar sekali. Tetapi tidak ada kaitan dengan tujuan saya mengingatkan seorang tokoh bukan? Dia melakukan tindakan benar, tetapi dalam hemat saya tidak tepat. Dan seorang panutan memang harus selalu dituntut untuk benar dan tepat dalam segala tindakan, makanya ada fungsi mengingatkan di kalangan umat muslim untuk saling menjaga masing-masing.

    lantas mengenai pendapat bahwa larangan poligami itu khusus untuk fatimah, silakan kalau memang sampeyan mau mempercayainya begitu. saya sendiri memilih untuk berkata:
    poligami itu halal. titik. sampai di sini saja.

    nah, mengingatkan tindakan seorang ulama (kebetulan topiknya poligami ini) adalah hal lain. jika saya mengirim surat seperti ini dibilang sebagai kurang beradab, lantas apakah diam dan membiarkan saudara tercintanya tergelincir, disebut lebih beradab? tentu saja tidak!

  84. tole Says:

    Mas Rony, saya hanya belajar nulis (sebenarnya sih pengen pinter nulis seperti mas Rony hehehe) & berdiskusi dengan damai aja

    Jadi topiknya saya pisah menjadi 3 hal :
    1. poligami (termasuk hadits yg mas Rony ambil sebagai rujukan)
    2. nasehat atau mengingatkan tokoh masyarakat
    3. istilah sesat pikir yg mas Rony tulis.

  85. tole Says:

    Kenapa saya selalu mengutip pendapat ustad2 bahkan pendapat Dr. Yusuf Al-Qardawi, karena saya berpendapat materi diskusi ini tidak terlalu jauh dari agama maka saya lebih condong ke pendapat ahlinya.
    1. poligami.
    kutipan : “sekali lagi: keberatan soal poligami adalah sunnah!
    Comment by rony — 26 December 2006 # ”
    kutipan : “saya sendiri memilih untuk berkata:
    poligami itu halal. titik. sampai di sini saja.
    Comment by rony — 25 January 2007 #”
    Jadi disini saya rasa mas Rony mempunyai perbedaan pola pikir yang mendasar (bahkan bertolak-belakang) mengenai poligami.

    Tentang hadits yg digunakan mas Rony sendiri ternyata kurang atau tidak lengkap karena ada yang tidak dikutip “Dan sungguh aku tidaklah mengharamkan perkara yang halal dan tidak pula menghalalkan perkara yang haram. Tetapi demi Allah, tidaklah berkumpul putri Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dengan putri musuh Allah (Juwairiyah binti Abu Jahal) selama-lamanya” sehingga dapat menghilangkan arti sesungguhnya dari hadits poligami.
    Sedangkan secara hukum, larangan poligami tadi hanya berlaku khusus pada putri Rasulullah (http://www.eramuslim.com/ust/nkh/4573eb6e.htm.)

  86. tole Says:

    Kenapa saya selalu mengutip pendapat ustad2 bahkan pendapat Dr. Yusuf Al-Qardawi, karena saya berpendapat materi diskusi ini tidak terlalu jauh dari agama maka saya lebih condong ke pendapat ahlinya.
    1. poligami.
    kutipan : “sekali lagi: keberatan soal poligami adalah sunnah!
    Comment by rony — 26 December 2006 # ”
    kutipan : “saya sendiri memilih untuk berkata:
    poligami itu halal. titik. sampai di sini saja.
    Comment by rony — 25 January 2007 #”
    Jadi disini saya rasa mas Rony mempunyai perbedaan pola pikir yang mendasar (bahkan bertolak-belakang) mengenai poligami.

    Tentang hadits yg digunakan mas Rony sendiri ternyata kurang atau tidak lengkap karena ada yang tidak dikutip “Dan sungguh aku tidaklah mengharamkan perkara yang halal dan tidak pula menghalalkan perkara yang haram. Tetapi demi Allah, tidaklah berkumpul putri Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dengan putri musuh Allah (Juwairiyah binti Abu Jahal) selama-lamanya” sehingga dapat menghilangkan arti sesungguhnya dari hadits poligami.
    Sedangkan secara hukum, larangan poligami tadi hanya berlaku khusus pada putri Rasulullah (http://www.eramuslim.com/ust/nkh/4573eb6e.htm.). Kalau ada yang berpendapat lain ya monggo saja sih, tapi saya lebih cenderung ke pendapat para ahlinya.

  87. tole Says:

    2. nasehat
    Saya teringat tentang “arak” di jaman Rasulullah, awal2nya banyak umat Islam yg masih minum arak tapi akhirnya arak dilarang dikosumsi oleh Rasulullah. Kalau ada orang Islam yg masih minum arak dengan berpatokan pada sunnah bahwa di awal2 arak masih boleh dikosumsi … ya monggo saja, tapi kalau saya lebih cenderung bahwa arak tidak boleh dikosumsi.
    Demikian juga kalau mas Rony berpatokan pada Umar bin Khathab monggo saja sih, tapi menurut saya itu berbeda konteks & situasi …. pada jaman Umar kondisi umat berbeda dng saat ini. Saya yakin kalau kalau mas Rony mengingatkan tokoh di jaman Umar (dengan topik poligami) akan aman2 saja. Tapi coba mas Rony lihat komentar2 yang keluar pada topik ini dari awal (banyak komentar2 yg tidak pada tempatnya) saya rasa akan berbeda dengan tanggapan di jaman Umar.
    Makanya saya lebih setuju dengan pendapat ustad di http://www.eramuslim.com/ust/dll/44ad7653.htm. “Demikian juga ketika kita mengevaluasi teman kita yang melakukan kesalahan, jangan lakukan di depan umum yang hanya akan menghina dan merendahkan harga dirinya. Tidak perlu semua orang memborbardir dengan penilaian, cukup satu orang saja yang benar-benar berwenang dan bijak. Yang tidak berkepentingan tidak perlu tahu dan tidak perlu ikut-ikutan sok menjadi hakim.”

  88. tole Says:

    3. istilah sesat pikir dari mas Rony
    Tulisan mas Rony, ” Ketika isu mengenai poligami mencuat, muncul pula argumentasi sesat pikir. Lagi-lagi pembandingan yang salah kaprah. Dibandingkan antara poligami dengan selingkuh.

    Semestinya kita bisa berfikir lebih jernih seandainya emosi tidak diikutkan. Bahwa selingkuh dengan poligami tidak memiliki hubungan sebab-akibat maupun pertanyaan-jawaban. Seseorang yang poligami sangat mungkin untuk selingkuh, demikian pula sebaliknya. ”
    ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
    Ini kutipan dari http://www.eramuslim.com/ust/nkh/4573eb6e.htm

    Apakah pendapat Dr. Yusuf Al-Qaradawi juga sesat pikir ? seharusnya mas Rony bisa berdiskusi rame dengan beliau waktu ke Indonesia baru2 ini.

    Karena ternyata poligami adalah jawaban ( secara syar’i) dari selingkuh yang melanda masyarakat (barat - terutama) & itu juga ada hubungan sebab dan akibat.

    Comment by tole — 25 January 2007 #

    ************************************************************

    kutipan mas Rony “Pembodohan umat yang saya maksud, berkait erat dengan apa yang disampaikan oleh ustadz yusuf al-qardhawi (yang memang sangat saya hormati). Apa yang disampaikan oleh ustadz yusuf sangat benar! tidak ada yang salah. Poligami adalah halal, dan pergaulan bebas di barat tak lebih dari poligami tanpa ikatan. Itu benar sekali. Tetapi tidak ada kaitan dengan tujuan saya mengingatkan seorang tokoh bukan?”

    Waduhhhh maasss, kenapa jawabnya jadi geneeeee ….
    Dari awal khan dah tak kutip ttg istilah sesat pikir mas Rony ” karena selingkuh dng poligami tidak memiliki hubungan sebab-akibat maupun pertanyaan-jawaban”. Makanya saya kutip pendapat Dr. Yusuf Al-Qaradawi bahwa poligami & selingkuh itu ada hubungan sebab-akibat maupun pertanyaan-jawaban. Sehingga kalau mas Rony mengatakan pendapat Dr. Yusuf Al-Qaradawi sebagai sesat pikir, saya membayangkan kalau mas Rony diskusi dng beliau waktu beliau ke Indonesia tempoo hari pasti rameee ……….. TIDAK BERHUBUNGAN dengan topik mengingatkan seorang tokoh, gitu looohhhhhh

  89. tole Says:

    Satu lagi mas Rony … ttg cara2 atau metode pengambilan kesimpulan dengan merujuk pada salah-satu hadits (poligami) yg dilakukan mas Rony. Bahwa tidak semudah membaca koran. Ada berbagai hal yang harus dilakukan atau ada aturan2 tertentu yang mesti dilewati sebelum mengambil kesimpulan dari hadits tertentu. Tidak semua orang bisa melakukan butuh pengetahuan tertentu.
    Sebagai tambahan saja, mungkin mas Rony perlu bacaan tambahan seperti :
    1. http://www.syariahonline.com/new_index.php/id/5/cn/2560
    “Bila kaum feminis ingin memerangi poligami dengan menggunakan hadits nabi SAW, maka yang terjadi adalah senjata makan tuan. Mereka pada dasarnya tidak mengerti dan tidak paham syariat Islam, sehingga mereka pikir kalau ada satu dua hadits atau ayat Al-Quran yang secara sekilas sesuai dengan maunya mereka, bisa digunakan.”
    2. http://www.eramuslim.com/ust/nkh/4573eb6e.htm
    “Maka argumentasi haramnya poligami hanya berdasarkan karena Rasulullah SAW melarang Ali bin Abi Thalib menikahi Juwairiyah setelah beristrikan Fatimah ra. adalah argumentasi yang kurang tepat. Mungkin mereka yang mengatakannya terbawa nafsu dan kurang memahami hakikat dan realita sirah nabawiyah yang sesungguhnya. Juga kurang mengenal metode istimbath hukum fiqih yang baku.

    Cukup dengan melihat siapa saja yang berargumentasi demikian, kita akan tahu kebanyakannya bukan ahli syariah. Sehingga tidak berhak untuk secara serampangan melakukan istimbat hukum syariah. Sesungguhnya hukum tentang poligami hanya tepat disimpulkan oleh mereka yang punya kapasitas dalam ilmu syariah. Tanpa penguasaan yang benar terhadap ilmu syariah, maka hasilnya tidak pernah bisa dipertanggung-jawabkan.”
    3. http://akmal.multiply.com/journal/item/396
    Ilmu fiqih memang ‘jatahnya’ orang-orang yang cerdas saja. Untuk menetapkan hukum sesuatu hal dalam Islam tidak bisa sembrono. Tidak ada sesuatu pun yang tidak ada tuntunannya dalam agama. Masalahnya adalah sejeli apa kita bisa melihat. Seperti kata Syaikh Ali at-Thanthawi, Allah tidak membiarkan manusia kebingungan dalam keadaan tanpa petunjuk. Segalanya sudah diberi petunjuk lengkap, tinggal bagaimana kita membaca petunjuk tersebut dengan segenap kemampuan akal kita.

    Sangat miris jika melihat kenyataan kini, ketika fiqih dipermainkan sedemikian rupa oleh orang-orang yang tak sedikit pun berkompeten. Mereka menjual fiqih dengan harga yang sangat murah, bisa ditawar tergantung kemampuan pembeli. Seperti pedagang, mereka pun berprinsip “pembeli adalah raja”. Maka agama pun berubah-ubah sesuai hawa nafsu manusia.”

  90. rony Says:

    @mas tole:
    1. poligami itu halal, tetapi berkeberatan itu sunnah.
    cerai itu halal, tapi dibenci Allah.
    apakah itu bertolak belakang? tentu tidak. seperti halnya, makan es krim itu halal, tapi boleh dong kita melarang/keberatan anak kita pas mo beli eskrim, tentu dengan alasan (flu misalnya).
    2. mengenai nasehat:
    sampai kapanpun, kita dibebani untuk saling menasehati mas, tanpa ada alasan untuk mengelak. bukankah Tuhan sudah menggariskannya bahkan dengan awalan DEMI WAKTU?
    3. mengenai sesat pikir:
    maksud saya begini. pendapat itu benar! bahwa poligami itu BISA menjadi jawaban atas kasus perselingkuhan. karena ini masalah penyaluran. Juga benar adanya bahwa poligami lebih baik dari perselingkuhan.
    Nah, tetapi apakah orang yang poligami tidak mungkin selingkuh? di sini makanya saya katakan bahwa keduanya tidak memiliki hubungan sebab-akibat dengan jelas. Kata BISA pada konteks Yusuf AlQardhawi, salah satunya adalah bahwa harapan ketika nafsu sudah tersalur dengan baik maka tidak ada lagi keinginan untuk jajan atau sejenisnya. Tapi yang namanya nafsu, pengendalinya ya diri masing-masing, bukankah begitu? Apakah Anda puasa hanya karena disuruh oleh ustadz? Apakah Anda puasa berkait hanya dengan satu baris kata: lebih baik puasa daripada tidak puasa? Tentu saja bukan to? Anda puasa karena hati Anda mengatakan itu adalah perintah Allah. Diri Anda-lah penentunya.
    demikian mas, semoga kita bisa belajar bersama.
    -
    -mengenai tambahan yang terakhir, saya merasa tidak sesuai/relevan di sini. :)

  91. tole Says:

    1. “poligami itu halal, tetapi berkeberatan itu sunnah. cerai itu halal, tapi dibenci Allah.”
    Allah itu khan yg mempunyai manusia, ya ndak apa2 toh kalo mau membuat hukum (untuk manusia) terserah Allah … tapi kalau ada manusia membuat hukum sendiri yg berbeda dengan hukum Allah ya gimana coba ? apa tingkat manusia sudah sama dengan tingkat Allah.
    Sedangkan hukum makan es krim saja mosok mo disamakan dengan hukum poligami …. piye tho mas Rony iki.
    2. Piye tho mas mas …. yg nulis tidak boleh menasehati itu siapa coba ? ndak ada khan. Coba mas Ronny baca lagi deh, yg saya copas itu khan adab2 menasehati.
    3. “maksud saya begini. pendapat itu benar! bahwa poligami itu BISA menjadi jawaban atas kasus perselingkuhan. karena ini masalah penyaluran” Berarti Dr. Yusuf Al-Qardhawi ndak sesat pikir khan ?
    Saya kira, poligami BUKAN “BISA” menjadi jawaban atas kasus perselingkuhan tapi poligami MEMANG menjadi jawaban perselingkuhan.
    Mengenai pengendalian diri itu apa mas Rony yakin semua orang bisa ? makanya khan perlu ada hukum yg bisa menjadi jawaban perselingkuhan.

  92. tole Says:

    - Mengenai tambahan terakhir saya itu kok tetep relevan … gimana enggak relevan, lha materi kita khan mengambil/merujuk hadits bahkan ayat (poligami) bahkan adab2 menasehati mas Rony sampe ngambil Umar bin Khotob gitu kok.
    Menurut ust di era muslim/syariahonlie sampe sdr Akmal mengatakan tidak mudah mengambil hukum agama hanya dengan melihat 1 hadits atau ayat Al Qur’an saja. Ada aturan2 tertentu bahkan perlu pengetahuan yg tidak semua orang bisa.
    Tidak seperti baca koran yang semua orang bisa menyimpulkan.

  93. rony Says:

    @mas tole:
    nah, Anda masih berpatok pada textbook, maka ya silakan saja. tidak akan ada titik temu di sini. dan ini tidak menjadi masalah menurut saya.
    1. Sampai sekarang saya tidak melihat ada jawaban yang mengatakan bahwa poligami adalah jaminan untuk tidak selingkuh. Jadi, mari kita tinggalkan taklid buta, gunakan akal sehat, tidak ada yang melarang dan dilarang ataupun haram-mengharamkan, saya hanya mengingatkan bahwa alasan yang digunakan terlalu lemah. Silakan poligami, tapi jangan bilang bahwa itu demi menghindari selingkuh.
    Selingkuh semata-mata soal nafsu mas, jika Anda membenarkan bahwa “mending poligami daripada selingkuh” berarti Anda meng-amini bahwa poligami itu didasari NAFSU. Jadi, berhati-hatilah dalam berargumen.
    2. Anda mengumpulkan sekian hal yang dikatakan adab menasehati, yang ujungnya membuat orang terkekang dan merasa rendah diri untuk menasehati. Maka saya memilih mengatakan: kalau mau menasehati, sampaikan saja! Pusing amat.
    3. jawaban untuk ini, sama dengan nomer satu. Tentu saja poligami MEMANG jawaban untuk selingkuh, jika dan hanya jika poligami MEMANG memiliki dasar sama dengan selingkuh, yaitu nafsu. Silakan.
    -
    Mengenai tambahan terakhir, tetap tidak relevan. Diskusi di sini bukan dalam rangka membangun sistem hukum baru. :)

  94. iman95 Says:

    Mau poligami benar atau salah sebenarnya bukan masalah.
    Sebenarnya mau alasan apa pun juga kesalahan aa gym adalah tidak melihat kondisi masyarakat yang pada saat ini sangat sensitif dengan isu poligami.
    Harusnya dia tahu bahwa jemaat dia kebanyakan adalah ibu2 yang gak mau dipologami.
    Sedih nih ternyata tokoh2 kita gak ada satu pun yang bener huhuu.. :((

  95. sufehmi Says:

    Wow, masih rame euy :) surprise saya. Tapi saya rasa diskusinya cukup bagus, terutama komentar2 mas rony. Thanks.

  96. tole Says:

    Ya ndak apa2 saya kira kalau ndak ada titik temu, memang wajar saja kalau beda pendapat.

    Kalau mo lebih jauh, sebenarnya mas Rony bukan berdiskusi dengan saya lho. Karena semua itu pendapat ustad2 dibidang syariah terutama pendapat Dr. Yusuf Al-Qardhawi. Jadi secara tidak langsung pendapat mas Rony itu berhadapan dengan pendapat Dr. Yusuf Al-Qardhawi.
    Mas Rony boleh saja berpendapat apapun dimasalah poligami & bidang2 syariah lainnya. Tapi saya & banyak orang Islam lainnya akan lebih cenderung kepada pendapat Dr. Yusuf Al-Qardhawi dibanding ke pendapat mas Rony. Dan saya yakin tentang wawasan syariah, di Indonesia bahkan dunia hanya ada beberapa saja yang wawasan keagamaannya sebanding bahkan melampaui Dr. Yusuf Al-Qardhawi. Kalau mas Rony merasa wawasannya lebih luas dari beliau ya monggo saja, sehingga bisa menghukumi poligami begini- begitu.
    - Mengenai tambahan terakhir, menurut saya ini bukan sistem hukum baru mas. Sistem hukum “menyimpulkan” isi hadits sudah berlaku lama & baku bahkan sebelum mas Rony lahir.

  97. rony Says:

    @mas tole:
    terimakasih atas pengertiannya :)
    Saya rasa Dr. Yusuf Al-Qardhawi akan bisa lebih mengerti maksud saya. :)
    -
    Yang mungkin perlu saya ingatkan adalah dalam tulisan dan komentar saya tidak ada satupun yang meng-hukum-i poligami.

    poligami itu halal < ++ bukan saya (rony) yang meng-hukum-i

    yang terucap dan dilakukan nabi adalah sunnah < ++ bukan saya (rony) yang meng-hukum-i

    Dan mengenai perkataan saya: “diskusi ini bukan dalam rangka membangun sistem hukum baru” mohon jangan dipotong, agar tidak salah mengerti :)
    maksudnya adalah: diskusi ini tentang surat saya kepada seorang tokoh yang melakukan poligami, bukan yang lain.

  98. suryo Says:

    Benarkah Poligami Sunah?
    KOMPAS Senin, 12 Mei 2003
    Faqihuddin Abdul Kodir
    UNGKAPAN “poligami itu sunah” sering digunakan sebagai pembenaran poligami. Namun, berlindung pada pernyataan itu, sebenarnya bentuk lain dari pengalihan tanggung jawab atas tuntutan untuk berlaku adil karena pada kenyataannya, sebagaimana ditegaskan Al Quran, berlaku adil sangat sulit dilakukan (An-Nisa: 129).
    DALIL “poligami adalah sunah” biasanya diajukan karena sandaran kepada teks ayat Al Quran (QS An-Nisa, 4: 2-3) lebih mudah dipatahkan. Satu-satunya ayat yang berbicara tentang poligami sebenarnya tidak mengungkapkan hal itu pada konteks memotivasi, apalagi mengapresiasi poligami. Ayat ini meletakkan poligami pada konteks perlindungan terhadap yatim piatu dan janda korban perang.
    Dari kedua ayat itu, beberapa ulama kontemporer, seperti Syekh Muhammad Abduh, Syekh Rashid Ridha, dan Syekh Muhammad al-Madan-ketiganya ulama terkemuka Azhar Mesir-lebih memilih memperketat.
    Lebih jauh Abduh menyatakan, poligami adalah penyimpangan dari relasi perkawinan yang wajar dan hanya dibenarkan secara syar’i dalam keadaan darurat sosial, seperti perang, dengan syarat tidak menimbulkan kerusakan dan kezaliman (Tafsir al-Manar, 4/287).
    Anehnya, ayat tersebut bagi kalangan yang propoligami dipelintir menjadi “hak penuh” laki-laki untuk berpoligami. Dalih mereka, perbuatan itu untuk mengikuti sunah Nabi Muhammad SAW. Menjadi menggelikan ketika praktik poligami bahkan dipakai sebagai tolok ukur keislaman seseorang: semakin aktif berpoligami dianggap semakin baik poisisi keagamaannya. Atau, semakin bersabar seorang istri menerima permaduan, semakin baik kualitas imannya. Slogan-slogan yang sering dimunculkan misalnya, “poligami membawa berkah”, atau “poligami itu indah”, dan yang lebih populer adalah “poligami itu sunah”.
    Dalam definisi fikih, sunah berarti tindakan yang baik untuk dilakukan. Umumnya mengacu kepada perilaku Nabi. Namun, amalan poligami, yang dinisbatkan kepada Nabi, ini jelas sangat distorsif. Alasannya, jika memang dianggap sunah, mengapa Nabi tidak melakukannya sejak pertama kali berumah tangga?
    Nyatanya, sepanjang hayatnya, Nabi lebih lama bermonogami daripada berpoligami. Bayangkan, monogami dilakukan Nabi di tengah masyarakat yang menganggap poligami adalah lumrah. Rumah tangga Nabi SAW bersama istri tunggalnya, Khadijah binti Khuwalid RA, berlangsung selama 28 tahun. Baru kemudian, dua tahun sepeninggal Khadijah, Nabi berpoligami. Itu pun dijalani hanya sekitar delapan tahun dari sisa hidup beliau. Dari kalkulasi ini, sebenarnya tidak beralasan pernyataan “poligami itu sunah”.
    Sunah, seperti yang didefinisikan Imam Syafi’i (w. 204 H), adalah penerapan Nabi SAW terhadap wahyu yang diturunkan. Pada kasus poligami Nabi sedang mengejawantahkan Ayat An-Nisa 2-3 mengenai perlindungan terhadap janda mati dan anak-anak yatim. Dengan menelusuri kitab Jami’ al-Ushul (kompilasi dari enam kitab hadis ternama) karya Imam Ibn al-Atsir (544-606H), kita dapat menemukan bukti bahwa poligami Nabi adalah media untuk menyelesaikan persoalan sosial saat itu, ketika lembaga sosial yang ada belum cukup kukuh untuk solusi.
    Bukti bahwa perkawinan Nabi untuk penyelesaian problem sosial bisa dilihat pada teks-teks hadis yang membicarakan perkawinan-perkawinan Nabi. Kebanyakan dari mereka adalah janda mati, kecuali Aisyah binti Abu Bakr RA.
    Selain itu, sebagai rekaman sejarah jurisprudensi Islam, ungkapan “poligami itu sunah” juga merupakan reduksi yang sangat besar. Nikah saja, menurut fikih, memiliki berbagai predikat hukum, tergantung kondisi calon suami, calon istri, atau kondisi masyarakatnya. Nikah bisa wajib, sunah, mubah (boleh), atau sekadar diizinkan. Bahkan, Imam al-Alusi dalam tafsirnya, Rûh al-Ma’âni, menyatakan, nikah bisa diharamkan ketika calon suami tahu dirinya tidak akan bisa memenuhi hak-hak istri, apalagi sampai menyakiti dan mencelakakannya. Demikian halnya dengan poligami. Karena itu, Muhammad Abduh dengan melihat kondisi Mesir saat itu, lebih memilih mengharamkan poligami.
    Nabi dan larangan poligami
    Dalam kitab Ibn al-Atsir, poligami yang dilakukan Nabi adalah upaya transformasi sosial (lihat pada Jâmi’ al-Ushûl, juz XII, 108-179). Mekanisme poligami yang diterapkan Nabi merupakan strategi untuk meningkatkan kedudukan perempuan dalam tradisi feodal Arab pada abad ke-7 Masehi. Saat itu, nilai sosial seorang perempuan dan janda sedemikian rendah sehingga seorang laki-laki dapat beristri sebanyak mereka suka.
    Sebaliknya, yang dilakukan Nabi adalah membatasi praktik poligami, mengkritik perilaku sewenang-wenang, dan menegaskan keharusan berlaku adil dalam berpoligami.
    Ketika Nabi melihat sebagian sahabat telah mengawini delapan sampai sepuluh perempuan, mereka diminta menceraikan dan menyisakan hanya empat. Itulah yang dilakukan Nabi kepada Ghilan bin Salamah ats-Tsaqafi RA, Wahb al-Asadi, dan Qais bin al-Harits. Dan, inilah pernyataan eksplisit dalam pembatasan terhadap kebiasan poligami yang awalnya tanpa batas sama sekali.
    Pada banyak kesempatan, Nabi justru lebih banyak menekankan prinsip keadilan berpoligami. Dalam sebuah ungkapan dinyatakan: “Barang siapa yang mengawini dua perempuan, sedangkan ia tidak bisa berbuat adil kepada keduanya, pada hari akhirat nanti separuh tubuhnya akan lepas dan terputus” (Jâmi’ al-Ushûl, juz XII, 168, nomor hadis: 9049). Bahkan, dalam berbagai kesempatan, Nabi SAW menekankan pentingnya bersikap sabar dan menjaga perasaan istri.
    Teks-teks hadis poligami sebenarnya mengarah kepada kritik, pelurusan, dan pengembalian pada prinsip keadilan. Dari sudut ini, pernyataan “poligami itu sunah” sangat bertentangan dengan apa yang disampaikan Nabi. Apalagi dengan melihat pernyataan dan sikap Nabi yang sangat tegas menolak poligami Ali bin Abi Thalib RA. Anehnya, teks hadis ini jarang dimunculkan kalangan propoligami. Padahal, teks ini diriwayatkan para ulama hadis terkemuka: Bukhari, Muslim, Turmudzi, dan Ibn Majah.
    Nabi SAW marah besar ketika mendengar putri beliau, Fathimah binti Muhammad SAW, akan dipoligami Ali bin Abi Thalib RA. Ketika mendengar rencana itu, Nabi pun langsung masuk ke masjid dan naik mimbar, lalu berseru: “Beberapa keluarga Bani Hasyim bin al-Mughirah meminta izin kepadaku untuk mengawinkan putri mereka dengan Ali bin Abi Thalib. Ketahuilah, aku tidak akan mengizinkan, sekali lagi tidak akan mengizinkan. Sungguh tidak aku izinkan, kecuali Ali bin Abi Thalib menceraikan putriku, kupersilakan mengawini putri mereka. Ketahuilah, putriku itu bagian dariku; apa yang mengganggu perasaannya adalah menggangguku juga, apa yang menyakiti hatinya adalah menyakiti hatiku juga.” (Jâmi’ al-Ushûl, juz XII, 162, nomor hadis: 9026).
    Sama dengan Nabi yang berbicara tentang Fathimah, hampir setiap orangtua tidak akan rela jika putrinya dimadu. Seperti dikatakan Nabi, poligami akan menyakiti hati perempuan, dan juga menyakiti hati orangtuanya.
    Jika pernyataan Nabi ini dijadikan dasar, maka bisa dipastikan yang sunah justru adalah tidak mempraktikkan poligami karena itu yang tidak dikehendaki Nabi. Dan, Ali bin Abi Thalib RA sendiri tetap bermonogami sampai Fathimah RA wafat.
    Poligami tak butuh dukungan teks
    Sebenarnya, praktik poligami bukanlah persoalan teks, berkah, apalagi sunah, melainkan persoalan budaya. Dalam pemahaman budaya, praktik poligami dapat dilihat dari tingkatan sosial yang berbeda.
    Bagi kalangan miskin atau petani dalam tradisi agraris, poligami dianggap sebagai strategi pertahanan hidup untuk penghematan pengelolaan sumber daya. Tanpa susah payah, lewat poligami akan diperoleh tenaga kerja ganda tanpa upah. Kultur ini dibawa migrasi ke kota meskipun stuktur masyarakat telah berubah. Sementara untuk kalangan priayi, poligami tak lain dari bentuk pembendamatian perempuan. Ia disepadankan dengan harta dan takhta yang berguna untuk mendukung penyempurnaan derajat sosial lelaki.
    Dari cara pandang budaya memang menjadi jelas bahwa poligami merupakan proses dehumanisasi perempuan. Mengambil pandangan ahli pendidikan Freire, dehumanisasi dalam konteks poligami terlihat mana kala perempuan yang dipoligami mengalami self-depreciation. Mereka membenarkan, bahkan bersetuju dengan tindakan poligami meskipun mengalami penderitaan lahir batin luar biasa. Tak sedikit di antara mereka yang menganggap penderitaan itu adalah pengorbanan yang sudah sepatutnya dijalani, atau poligami itu terjadi karena kesalahannya sendiri.
    Dalam kerangka demografi, para pelaku poligami kerap mengemukakan argumen statistik. Bahwa apa yang mereka lakukan hanyalah kerja bakti untuk menutupi kesenjangan jumlah penduduk yang tidak seimbang antara lelaki dan perempuan. Tentu saja argumen ini malah menjadi bahan tertawaan. Sebab, secara statistik, meskipun jumlah perempuan sedikit lebih tinggi, namun itu hanya terjadi pada usia di atas 65 tahun atau di bawah 20 tahun. Bahkan, di dalam kelompok umur 25-29 tahun, 30-34 tahun, dan 45-49 tahun jumlah lelaki lebih tinggi. (Sensus DKI dan Nasional tahun 2000; terima kasih kepada lembaga penelitian IHS yang telah memasok data ini).
    Namun, jika argumen agama akan digunakan, maka sebagaimana prinsip yang dikandung dari teks-teks keagamaan itu, dasar poligami seharusnya dilihat sebagai jalan darurat. Dalam kaidah fikih, kedaruratan memang diperkenankan. Ini sama halnya dengan memakan bangkai; suatu tindakan yang dibenarkan manakala tidak ada yang lain yang bisa dimakan kecuali bangkai.
    Dalam karakter fikih Islam, sebenarnya pilihan monogami atau poligami dianggap persoalan parsial. Predikat hukumnya akan mengikuti kondisi ruang dan waktu. Perilaku Nabi sendiri menunjukkan betapa persoalan ini bisa berbeda dan berubah dari satu kondisi ke kondisi lain. Karena itu, pilihan monogami-poligami bukanlah sesuatu yang prinsip. Yang prinsip adalah keharusan untuk selalu merujuk pada prinsip-prinsip dasar syariah, yaitu keadilan, membawa kemaslahatan dan tidak mendatangkan mudarat atau kerusakan (mafsadah).
    Dan, manakala diterapkan, maka untuk mengidentifikasi nilai-nilai prinsipal dalam kaitannya dengan praktik poligami ini, semestinya perempuan diletakkan sebagai subyek penentu keadilan. Ini prinsip karena merekalah yang secara langsung menerima akibat poligami. Dan, untuk pengujian nilai-nilai ini haruslah dilakukan secara empiris, interdisipliner, dan obyektif dengan melihat efek poligami dalam realitas sosial masyarakat.
    Dan, ketika ukuran itu diterapkan, sebagaimaan disaksikan Muhammad Abduh, ternyata yang terjadi lebih banyak menghasilkan keburukan daripada kebaikan. Karena itulah Abduh kemudian meminta pelarangan poligami.
    Dalam konteks ini, Abduh menyitir teks hadis Nabi SAW: “Tidak dibenarkan segala bentuk kerusakan (dharar) terhadap diri atau orang lain.” (Jâmi’a al-Ushûl, VII, 412, nomor hadis: 4926). Ungkapan ini tentu lebih prinsip dari pernyataan “poligami itu sunah”.
    Faqihuddin Abdul Kodir Dosen STAIN Cirebon dan Peneliti Fahmina Institute Cirebon,
    Alumnus Fakultas Syariah Universitas Damaskus, Suriah

  99. rony Says:

    @mas suryo:
    maaf, lantas pendapat mas sendiri apa? mari kita berlatih diskusi mas :)

  100. ummi Says:

    Askm,
    semoga saudara-saudara seislam di Indonesia akan lebih giat membincangkan tentang bagaimana untuk memperbetulkan lagi keadaan masyarakat yang pincang agamanya di dunia khususnya di Indonesia, menyokong suara dakwah oleh Tokoh berwibawa seperti aa Gym(yang turut anak-anak saya kagumi) dari terus membicarakan perkara2 yang dianggap telah dilakukan dengan salah oleh tokoh ini. Jodoh telah ditentukan sejak didalam rahim bunda. Mungkin juga jodoh saudara rony bakal tiba dengan seorang janda muda. Bagaimana mungkin ya kita mengetahui ketentuan ilahi. Astaghfirullah al adzim. Semoga Allah ampuni kita semua.

    saudara di Malaysia
    Pendokong dakwah Managemen Qalbu

  101. reynold Says:

    AA’ Rona…;););)…ih..gemes deh..

  102. aa jimy Says:

    halo…halo… halo…komentar2 poligym aa teh udahan sampe disini?!. ah aa sekarang mah nyerahin sama aloh saja yah. Mudah2an jadi tambahan pahala buat aa

  103. Nani Wantini Says:

    Ronny Islam bukan ya ? - hati-hati dengan pancingan yang anti Islam, senjata mereka untuk merusak citra agama Islam adalah soal poligami. Hukum Allah ada bukan untuk ke sia-sia an tapi mengandung hikmah yang cuma insan terpilih yang paham. Dari komen-komen di sini terbaca isi dari kedangkalan ilmu.

  104. yugo Says:

    Saya tidak mengerti mengapa anda begitu bersemangat memojokkan aa gym. Jelas aa gym bukan pemimpin kita, beliau hanya berdakwa hanya beliau yang mengerti alasan menikah lagi. Manusia harus berusaha, tidakkah anda melihat perjuangan aa gym sampai meraih kesuksesan? anda tidak punya kewenangan menghakimi seseorang, saya hanya ingatkan marilah kita mencoba mengkritisi tapi bukan menghujat, berilah saran dan jalan keluar jika memang seseorang melakukan kesalahan, lihatlah diri dan bercerminlah apakah saya sudah benar? Ok, untuk saudaraku rony, semoga Allah SWT senatiasa memberikan hidayah kepadamu, sesungguhnya islam tidak pernah mengajarkan kebencian dan fitnah. Buat semua pembaca yang terhormat, jangan pernah terpengaruh untuk memberikan tanggapan.

  105. wongsolo Says:

    Ini rekaman aa gym soal poligami (nemu di multiply). Mending dengerin ini dulu, baru komentar.

    http://islamicfile.multiply.com/music/item/14

    Tentang Poligami (2) Feb 12, ‘07

    Rekaman Tausyiah rutin Aa Gym untuk santri Daarut Tauhiid Bandung,
    hari Senin tanggal 4 Desember 2006.
    Tema bahasan: Penjelasan tentang berita poligami.

    Isi:
    - Kajian Kitab Al-Hikam
    - Sambutan pak Palgunadi T. Setyawan
    (dulu CEO Astra, sekarang pembina pesantren DT)
    - Penjelasan Aa Gym tentang pernikahan keduanya
    - Penjelasan Teh Ninih (Ummu Ghaida Muthmainnah)
    - Penjelasan Teh Rini (Alfarini Eridani)
    - Tanya jawab dengan Santri Daarut Tauhiid

    rekamannya cukup panjang, 1 jam 50 menit.

  106. yugo Says:

    Ok, lebih baik ditutup aja pendapat semuanya. Semoga kita bisa mengambil hikmah dan mengambil manfaat yang baik dari tulisan ini dan tentunya sisi positif dari aa gym, yang negatif ya buang aja ke laut dan jadikan pelajaran agar kita bisa menjadi manusia yang beruntung di dunia dan akhirat. Suai!!!!!!

  107. Hakeem Says:

    Muak aku membaca blog ini.Kata2nya awalnya manis tetapi penuh dengan pengejekan.
    Jika ingin menasehati atau menegur seseorang apakah tidak bisa menggunakan bahasa2 yang baik.Lihat tag line anda di atas.
    “Mempercayakan perubahan melalui kata - kata”.???????????????

    Jika anda mempertanyakan mengenai MLM syariah.Coba tanya diri anda sendiri.Dimana anda menabung? Bagaimana juga dengan bank syariah?Dan bagaimana anda menginvestasikan dana anda?

    Sekali lagi, tolong kata2 anda itu dilembutkan.Lagian apa anda seorang yang mengerti agama sehingga layak berbicara mengenai agama??

  108. zen Says:

    buat mas roni.

    Mas alangkah lebih baiknya bagi anda untuk merujuk langsung kepada orangnya. Anda tanyakan langsung alasan beliau melakukan MLM, sehingga tidak berbuntut ghibah yang berkepanjangan tanpa mengetahui hakikat masalah yang diperbincangkan. Baru pendirian ini bisa dikatakan gentle.

  109. nawi8 Says:

    Katanya Islam, tapi kok anti polygami, kalau anti polygami terus setuju dengan perselingkuhan, perzinahan weleh weleh mas mas, piye toh, . Sebenarnya ALLAH memberikan kita hikmah atas polygaminya aa gym dan beredarnya gambar perzinahan Yahya Zaen dengan artis dangdut. Artinya pada saat itu ditampakan oleh Allah orang yang ikut hukum Allah ( dengan konsekwensi di cemooh ) dan orang yang tidak peduli dengan hukum ALLAh,
    Kenapa dipermasalahkan, kalau merasa mampu ya mangga, kalau takut ga bisa adil ya hiji wae atuh …
    Habis energi saja bahas polygami aa gym, sampai saat ini jemaah aa gym masih ada, yang meninggalnya pengajian, berarti ya ikut pengajian ga iklash kaliiiiiiiii,
    Lihat apa yang disampaikan jangan lihat yang menyampaikan, setuju
    PIZ

  110. Imam Says:

    Mas Rony ini kata-katanya kelihatan alim, tapi isinya banyak MENYESATKAN….

    Contohnya pada kata “..Ali bin Abi Thalib hendak berpoligami dan nabi tidak setuju. Kenapa? Karena yang muncul adalah alasan nafsu…”. Ini adalah pendapat KELIRU dan jelas sepertinya Mas ROny TIDAK PERNAH BACA hadits ASLINYA dan hanya dengar dari orang, atau jangan-jangan baca dari website JIL yang sering ngutip hadits atau qur’an setengah-setengah demi keperluan mereka ???

    Coba silahkan cari secara detail mengenai hadis ini. Atau lihat di wikipedia.

    Yang jelas Rasulullah telah memberikan kita contoh MONOGAMI (lebih dari 25tahun berkeluarga) dan POLYGAMI (setelah wafat Siti Khadijah). Dan kedua metoda tersebut telah ditiru oleh sahabat pada masa beliau hidup, baik Monogami atau Polygami dan tidak dilarang, tapi memang ada sahabat yang disuruh untuk mengurangi beberapa istrinya (asalnya 10 istri).
    Mengapa Rasulullah tidak melarang tapi umatnya berani melarang? Jangan seperti Yahudi yang mengambil ajaran setengah-setengah.

  111. sari Says:

    anda lebih setuju yang mana ,orang yang berpoligami untuk menghindari dosa atau orang yang berselingkuh menambah dosa

  112. hafid Says:

    Saya mungkin tidak akan melakukan poligamy, namun menurut saya poligami adalah pilihan, jadi biarkan aa gym memilih sendiri kehidupannya, dan menanggung akibatnya…
    menurut anda apakah anda sudah menjadi orang yang lebih baik dari aa gym…??? apa yang sudah bisa anda lakukan kalau anda merasa seperti itu syukurlah… semoga orang2 disekitar anda juga merasa seperti itu…
    ketika anda melakukan kesalahan berarti nada masih manusia.., dalam konteks aa gym saya tidak melihat adanya kesalahan yg beliau lakukan, jadi please jangan terus anda hujat dia…

  113. riza Says:

    Kritik ya kritik bung, tapi informasi harus jelas dulu sebelum kritik. jangan kritik tapi informasi yang di punya setengah-setengah, ajaran sesatkah?bisa jadi! hanya ingin mengumbar emosi dan keegoisan serta ke sok tauan? mungkin! saran buat bung roni, beri kritik yang konstruktif! buat yang ikut-ikutan aja ma bung rony, mandiri sedikit dunk..
    aneh sungguh aneh orang sekarang, PSK dimana-mana cuek, b*l*h*n pantat ma dada kebuka dimana-mana biasa aja, tapi kiai yang lebih banyak ngasih manfaat dari isi ceramahnya di kritik sampe masuk blog??? keren euy!!! ngaconya maksud gue.

  114. Feb Says:

    rony tdk mau kalah ya, seri aja tidak mau. Memang rony orang belanda. Sadar ron. Tapi kayaknya rony tidak mau sadar. Besok tanggal 13 September 2007 memasuki ramadhan 1428 H, rony puasa?

  115. Feb Says:

    rony lagi bobok siang and minum susu ya, kok udah mulai loyo tdk mau membalas komentar kita. Ok, selamat bobok rony, jangan lupa cuci kaki dan tangan. Pakai pampers biar tdak ngompol.

  116. rony Says:

    @buat semuanya:
    saya kira ini sudah sampai di sini saja. masing-masing toh memegang pikiran masing-masing. sekali lagi, ini adalah surat terbuka untuk aa’ gym sekaligus pernyataan kekecewaan saya atas pilihan beliau. mengapa saya menulis ini? karena dia sudah dianggap sebagai panutan umat, dan saya merasa perlu atau mungkin wajib untuk mengkritisi setiap tindakannya.
    jika seseorang sudah tidak mau/tidak bisa dikritisi, maka dia tidak layak menjadi pemimpin. itu saja pijakan saya :)
    selamat berpuasa.

    ps: saya tidak akan berpanjang-panjang dengan debat kusir soal mana lebih dulu antara telur ayam dan ayam, karena tulisan saya sama sekali tidak mempertentangkan keduanya. terimakasih.

  117. marani Says:

    saya kira kita semua lebih baik introspeksi diri sendiri sebelum mengintrospeksi orang lain..
    afwan kalo ada kata2 yang salah,,,

  118. Gugun Says:

    Insya Allah, baik atawa keburukan kita hanya Allah yang mengetahui balasannya.

  119. yugo Says:

    kalau tulisanmu takut dikritik ya jangan mengkritik orang. kalau tidak enak sama seseorang jangan ngajak2 itu setan namanya. Hanya orang bodoh yang mempersoalkan telor dan ayam. Tulisan saya kok banyak dihapus. Roni ke laut aja deh, jangan jadi sumber kesesatan. Jadilah setan untuk diri sendiri.

  120. yugo Says:

    tambah ya rony, rony tidak mungkin jadi pemimpin karena mau benar sendiri. nanti kena kudeta lho.

  121. rony Says:

    @mas yugo:
    klarifikasi mas, saya tidak menghapus tulisan siapapun. silakan tulis ulang kalau memang merasa tulisannya tidak masuk.
    setahu saya, saya juga tidak takut dikritik, nyatanya semua komen saya loloskan. :)

  122. yugo Says:

    ok. tks. coba ron, buat tulisan untuk kesejahteraan. pemilu 2008 udah dekat.

  123. angus Says:

    Le’, lha wong Teh Ninih aja bilang ini pembelajaran n dia aja “belajar” untuk nerimo sebagai manusia, Teh Rini juga ikhlas jadi bojo ke2, Aa Gym juga mampu n berusaha adil, lha namanya manusia kan yo belajar n berusaha melawan cemburu, sakit hati, adil dsb kok kita yang repot, lha wong yang jelas Zinah,Beristri gemblekan aja banyak, ini kita di ajarin yang halal bagi “yang mampu n mau” kok sewot, oalah olah lee…le’

  124. asep Says:

    saya pengen tau alamat kamu “rony”
    kamu kaya orang yang tidak berpendidikan!!!
    rendah..!tahu!!!!
    kalo kamu nggak bisa sukses di MLM nggak usah berkoar!!!
    emang kamu bego/bodoh/bloon/pikiran kamu picik
    itulah orang kampung yang punya pikiran sempit
    senang melihat orang susah
    dan susah melihat orang senang
    FUCK you!
    muan aya di gigireun kua aing di cekek sia!!!

  125. rony Says:

    @mas angus: kok ndak belajar dengan mengentaskan mereka yang kena operasi yustisi ya mas? nggak cakep kali ya? :)

    @mas asep: wah, dari komentas Anda terlihat sekali betapa “berpendidikannya” Anda

  126. asep Says:

    tah geuning maneh nyaho
    = itu anda tau =
    betapa sok tau nya anda!!!

    emang gampang ngomong tu
    lidah memang benar nggak bertulang, jadi gampang dilipat termasuk “cacapek” buat orang lain.
    padahal belum tentu sendirinya benar.

    kamu adalah bencana bagi orang-orang yang mulia!!!

  127. asep Says:

    CEUK AING OGE, MUN SI RONI AYA DI GIGIREUN AING AYEUNA.
    KU AING DI PEUNCIT KURILING TAH!!
    MOAL MATAK DOSA MEURUEUN NYA, MAEHAN IBLIS SAURANG MAH!!!

  128. ivo Says:

    hehehe… si asep pundung… hehehe

  129. Nando Says:

    Mungkin ini salah satu penyebab Orang Indonesia ndak maju-maju.Soale tidak terbuka untuk diskusi,tidak siap dikritik.Sebetulnya kan kita mendiskusikan fakta.Jadi,tidak perlu sampai emosional.Opini itu kan hal yang wajar, so plese yang pada bijak gitu looooohh.

  130. yugo Says:

    udah aja semua bos, setan senang kalau kita berantem. biar aja rony sendiri yang menilai kehebatannya. yang jelas kalau orang bijak tidak pernah membujuk atau mempengaruhi orang lain. Ok, katanya rony minta disudahin aja. bobok ya ron, kasihan itu anak menangis mulu. ingat anak dan keluarga ron, gmana kalau orang tuanya dicerca seperti ini? oala ron2.

  131. asep Says:

    ceuk saha urang indonesia ga manu-maju nando. kamu aja yang gak ada kemajuan karena sibuk mengomentari orang lain,yang dibutuhkan itu tindakan bukan omongan. setiap kritikan ato masukan tu hrs pada tempatnya, ga boleh terbuka dimuka umum karena akan menimbulkan masalah-masalah baru,akhirnya bukan penyelesaian yang didapat, tapi kemadorotan (jadi ngomongi orang lain) akhirnya kan jadi mencerca,memaki orang. kalo mau langsung ke orangnya, kalo ngritik orang dimuka umum sama aja dengan ngomongin orang. pokonya tai kucing semua!

  132. Nando Says:

    Kang Asep tai kucing ni yeee…

  133. via Says:

    assalamualaikum.
    kali pertama membaca surat mas rony, muncul banyak pertanyaan di kepala saya. tapi setelah saya telusuri comments dan menyimak diskusi mas rony dan tole saya mulai agak paham. saya pikir logika mas rony agar berhati2 untuk tidak mengaitkan poligami dengan masalah nafsu itu patut diperhatikan. selama ini logika seperti itu berkembang luas dan dijadikan pijakan berpikir untuk membenarkan poligami. logika ini sendiri sebenarnya muncul sebagai hasil dari pemikiran ulama2 sebelumnya (bisa dilihat di buku2 fikih). mereka berijtihad mengapa poligami dibolehkan. dan alasan nafsu itulah hipotesa mereka. tapi.. berhubung manusia jaman sekarang makin cerdas.. logika macam begini bisa ‘dihantam’ juga. bagaimanapun.. saya setuju dengan sikap kritis dan berani mas rony. kalo boleh usul, dalam menulis sebaiknya cantumkan sumber yang akurat. agar pembaca bisa membedakan mana fakta, opini, rumor, dan gosip tidak jelas. misalnya, soal alasan aa’ berpoligami yang katanya untuk “mendamaikan pihak2 yang rebutan” itu sumbernya darimana ya? lalu dalam mengutip riwayat2 sejarah.. sama saja seperti hadis, riwayatnya kalo bisa dipaparkan juga.statusnya sahih, lemah, atau hasan itu disebutkan juga. biar orang bisa menilai argumentasi dalam tulisan anda itu valid apa enggak. sayangnya, upaya untuk menunjukkan validitas baik dalam tulisan maupun dalam komentar2 anda itu tidak kelihatan. sementara lawan diskusi anda mengemukakan sumber2 tertentu, anda ngotot aja dengan pendapat anda. sebaiknya, untuk ke depan sertakan argumentasi dengan data dan sumber rujukan yang valid. kalo anda mengutip seseorang, ya bilang anda ngutip. kalo anda hanya mengemukakan opini dan logika pribadi hasil nalar anda sendiri ya.. selamat, anda orang yang sangat percaya diri. tapi dari kaca mata ilmiah, tulisan dan komentar anda ini kurang mumpuni. :) peace..

  134. via Says:

    ini satu contoh kekurangan tulisan anda yang sangat gamblang: anda mencela sistem MLM syariah sebagai sistem yang tidak halal dengan memakai argumentasi dari artikel yang ditulis Priyadi. Nah, Priyadi menulis tentang MLM non-syariah. sementara, yang anda cela itu MLM syariah. ini kan gak nyambung. mestinya, kalo mau kritik MLM syariah ya anda harus paparkan apa saja keburukan sistem MLM syariah, bukan memakai paparan Priyadi tentang keburukan sistem MLM non-syariah. dengan begitu, argumentasi anda bisa dipertanggung jawabkan.

    peace :)

  135. asep Says:

    heueuh. tai maeh!!!
    nagara indonesia teh ancurna kuloba teuing tai jalema anu palalinter ngomong otak kosong. punten ah bilih aya anu kasindir, da ngahajameh eling!!!

  136. rony Says:

    @mas/mbak via:
    terimakasih untuk masukkannya. tulisan saya memang jauh dari metode ilmiah, sepenuhnya grundelan. saya mengatakan demikian bukan dalam rangka membela diri, memang demikian kenyataannya :)
    Mengenai MLM, kebetulan saya tidak melihat perbedaan antara mlm yang dilabeli syariah dengan yang tidak. Dan mlm dalam hemat saya tak lebih dari meng-kaya-kan satu pihak sementara yang lain selalu di bawah. Itulah mengapa saya merujuk ke Priyadi. Dan perdagangan yang tidak adil seperti ini, saya sungguh tidak berani memberi label halal padanya. Tentunya ini juga pandangan pribadi. :)
    Semoga satu saat saya bisa bikin artikel yang lebih baik (mungkin tidak di blog ini) :)

    @kang asep: panjenengan sregep sanget ningali blog kulo njih, maturnuwun :)

  137. Tohpati Says:

    yang nulis artikel ini sungguh naif dan sok tau, apalah artinya anda dibandingkan beliau yang sedang anda gosipin
    harusnya anda malu!

  138. yugo Says:

    setuju sama jeng via, kakang asep, mas tohpati. Ama roni juga. tapi ingat tulisan saya di atas tadi. anak mas roni nangis terus tu, kasihankan. Jangan jadi orang kejam dong, masak penting ngomongin orang daripada buatin susu anak, suaikan?

  139. rony Says:

    @mas tohpati:
    oh saya sangat tidak berarti mas, sebagaimana seorang pemuda yang berjanji menghunus pedang demi mengingatkan ummar bin khattab, yang bahkan namanya tidak tercatat dalam sejarah karena sedemikian “tidak berarti”-nya dibandingkan ummar. :)

    @mas yugo:
    oh menurut agama saya, anak sebaiknya disusuin ASI. dan insyaAllah saya terus belajar untuk mengemban amanah Allah ini, semoga Andapun demikian :) terimakasih sudah mengingatkan

  140. Rewan Says:

    Kemuliaan hanyalah milik ALLAH, RASUL dan orang-orang beriman, jika ingin mengingatkan saudara sesama muslim, sampaikanlah dengan cara-cara yang SANTUN DAN TERPELIHARA dalam memilih kata-kata. Jika kita mengaku beriman, sudahkah kita kerjakan semua TUNTUNAN, AL-QUR’AN DAN AL-HADITS dalam setiap gerak dan langkah kita dalam menjalani setiap sendi kehidupan karunia ALLAH SWT ini??? Jazzakumullah khoiron katsiro…

  141. yugo Says:

    ya bantuin isteri gitu lho, kan masih sebaiknya. tapi kukira isteri mas rony tdk tau, jenengan itu lelaki penggosip. Ayo kalo gitu cuci popok anak aja ya.

  142. eltrinova Says:

    Buat Rony lain kali kalau bikin artikel sesuaikan dengan maunya pembaca, masyarakat kita lebih suka artikel yang menghibur,yang seneng-seneng, memuji-muji dan membombong-bombong.Tidak boleh mengkritik, tidak boleh di debat, tidak boleh diganggu.Pokoknya harus manut.Udahlah Ron,seng waras ngalah.

  143. nn Says:

    # Priyadi Says:
    December 6th, 2006 at 7:52 pm

    eh, ada yang tau gak kriteria MLM syariah itu apa sih? dan apa sih bedanya dengan MLM konvensional?

    jawab :
    namanya haram ya tetep haram, biar ditambahin pake nama apa aja, bisa2 ntar ada discotique syariah :)

  144. Solihin Says:

    Assalaamu’alaikum.
    Saya sangat setuju dengan poligami.
    Saya mempunyai seorang teman yang sudah mempunyai seorang istri + 2 anak. Dia mau tidur seranjang dengan gadis yang berumur 9 tahun. Gadis ini adalah anak dari seorang teman akrabnya. Teman saya ini mau mencontohi Nabi Muhammad SAW.
    Teman saya ini mengetahui bahwa gadis tsb bukan milik ayahnya, melainkan milik Alloh.
    Pertanyaan saya: Berhakkah si Ayah menolak permintaan teman saya ini? Apakah si ayah akan masuk neraka karena menolak ajaran Rasulullah?
    Terima kasih atas pertolongannya untuk menjawab pertanyaan ini.
    Wassalam

  145. Baskoro Says:

    Bagus donk,kalau perlu incest dengan anak kandungnya juga sekalian..biar seru dan keren..dijamin cepat masuk surga,surga dunia mangsud e…

  146. boby Says:

    Waduh, coba kita tengok acara Kick Andy di Metro TV, betapa mulianya AA Gym. Semoga Allah SWT senantiasa meninggikan derajatnya. AA Gym sendiri tidak marah dikata-katain disini. Tapi kasihan deh kelompok rony cs ini. Istifar Rony, istrimu kehausan, nanti dipoligami orang baru tau loe.

  147. Anon Says:

    Weleh weleh…
    Banyak sekali ternyata Aa Gym fanboys yg ngasih comment..
    Para fanboys ini:
    a. Berlindung dibalik argumen orang lain (Syekh X,Y)
    b. Bukannya menyerang argumen penulis (krn tdk mampu/biasa kali…), malahan menyerang pribadi penulis.
    c. Tidak percaya bahwa orang baikpun bisa salah dlm hidupnya
    d. Berkeyakinan bahwa SEMUA orang jika mengingatkan yg lain HARUS dengan sopan, pelan, memuji-muji, menjilat-jilat, bisik-bisik, lewat japri only, …
    e. Yang boleh mengkritik Aa Gym hanyalah Allah dan Rasul-Nya

  148. boby Says:

    To om anom, dalam agama islam kita dilarang nyakitin saudara seiman. Ok, om anom. Gue kasih tau. Aa gym bukan malaikat. So santai aja lagi. dia yang kawin situ kok sewot. kawin aja lagi, enak lho. Tapi I salut ama rony, banyak fansnya. selamat.

  149. adi Says:

    bagi abang2 saya mau inagatin nih, wanita di dunia ini dah terlalu banyak. sekarang ni wanita banyak yang tidak kawin ampe tua. dan yang perlu abg2 ketahui bahwa banyak juga wanita yang ngerebut suami orang dengan cara yang tidak halal. coba anda2 pikirkan yang mana lebih baik poligamy dengan selingkuh? bagi bang Rony Cs tolong pikirin ya…… jangan sampai kebablasan. karena sekarang ni banyak orang tak terkecuali cowok yang lebih menyukai dosa daripada pahala. ingat kiamat dah dekat.

  150. noname Says:

    halo mas rony

    saya setuju kalau nasehat disampaikan secara langsung dan bijak, apa yang terjadi jika nasehat dilakukan seperti ini, akan banyak pertentangan terjadi, siapa yang gembira atas perdebatan ini? tentu orang lain semoga mas rony bisa menggunakan blog ini kearah yang lebih bermanfaat.

    saya terpaksa ikut nimbrung, bukan karena pintar, tapi karena sedih melihat umat tercerai berai.

  151. yugo Says:

    setuju. yang belom kawin, kasihan deh

  152. Muhammad Idris Says:

    nyata sekali bahwa si rony ini kelihatannya bukan muslim ..kalaupun muslim,…perlu dipertanyakan keislamannya…sama sekali tidak punya pengetahuan tentang fikh sampai2 harus menyitir kisah “teman saya..vinny” kritik boleh2 saja,…tapi harus konstruktif dan islami…cara anda mengkritik sangat jauh dari perilaku islami. maaf.

    untuk saudara2ku yang muslim..hati2 membaca blog seperti ini. wassalam

  153. Funny Says:

    yugo, kamu belum kawin ya??? keciaannn

  154. Annisa Says:

    Saya gak ngerti kenapa kalian selalu menganggap pria haus seks sehingga harus poligami? Saya perempuan, masih usia 38 tahun, suami saya impoten sejak saya usia 30 tahun, karena diabetes. Tapi saya gak minta cerai. Jika libido sedang sangat tinggi, saya usahakan belajar, ikut kuliah lagi, pengajian dsb. Jadi nikah itu bukan hanya utk seks saja. Walau halal buat saya utk minta cerai (suami impoten 3 bulan, boleh gugat cerai) namun saya tidak melakukannya karena saya menikah utk membentuk keluarga sakinah dan bukan hanya demi seks seperti aa.

  155. paijo Says:

    laris…laris…senengane kok ngono to yoooo…
    gak mau ikutan ahh…takut salah

  156. Bung Says:

    saya mo nanya..Sayan mo nanya dibantuin ini maksud nya apa ya?Emg Babi bisa tri some gitu ya? Lucu amat..hehe

  157. abdullah Says:

    Yang ngaku Muhammad Idris sok tahu banget, bisa-bisanya mempertanyakan keislaman seseorang. Memangnya Anda siapa? Juz Amma belon khatam aja udah menghakimi orang.

    http://www.korantempo.com/korantempo/2006/12/08/Opini/krn,20061208,60.id.html

    Mempraktekkan poligami dalam masyarakat modern
    sekarang ini adalah bukti kemandulan teologis. Dari
    sisi historis, mari kita ingat bahwa konteks
    pembolehan poligami dalam Islam pada mulanya bertujuan
    justru untuk membatasi, bukan menambah jumlah istri.
    Sebab, dalam masyarakat Arab ketika itu, perempuan
    ibarat “obyek” yang boleh diapasajakan oleh laki-laki.
    Maka banyak orang, termasuk Umar ibn al-Khatab,
    sebelum menjadi muslim, tega mengubur bayinya yang
    terlahir perempuan. Di masa Arab jahiliyah, orang bisa
    beristri berapa saja, siapa saja. Asalkan mampu,
    asalkan bisa.

    Lalu Islam datang dengan aturan “jika terpaksa,
    maksimal empat”. Mengapa empat? Kajian Leonard Swidler
    dalam Women in Judaism: The Status of Women in
    Formative Judaism (1976: 144-8) cukup menarik disimak.
    Sebagaimana bisa diduga, poligami adalah praktek
    budaya yang dulunya juga lumrah di kalangan kaum
    Yahudi. Dalam tradisi Yahudi, rupanya pembolehan
    poligami juga dibatasi sampai maksimal empat. Agaknya,
    poligami sebagai model hubungan lelaki-perempuan yang
    turun-temurun diwarisi dari tradisi Yahudi itu di
    zaman Muhammad SAW telah berkembang demikian tak
    terkendali di tanah Arab. Sehingga Al-Quran kemudian
    mengembalikan tradisi itu kepada batas toleransi
    “maksimal empat” tersebut.

    Terlepas dari benar-tidaknya teori itu, jika kita baca
    kembali terutama QS 4: 3-4, jelas, “adil” menjadi kata
    kunci yang menyertai pembolehan poligami. Pun
    ditegaskan (QS 4: 129), karena adil itu hampir
    mustahil bisa dicapai seorang suami beristri lebih
    dari satu, pada dasarnya monogami adalah bentuk
    hubungan sah lelaki-perempuan paling ideal dalam
    Islam. Artinya, dengan pesan universal yang bisa
    diterima pemahaman manusia dari berbagai latar budaya
    dan sejarah, dengan ketentuan “maksimal empat” itu,
    Al-Quran sebenarnya sedang meletakkan fondasi penting
    buat kesederajatan lelaki-perempuan. Dengan “adil”
    sebagai hakikat pesannya, soal wujud hubungan legal
    itu selanjutnya diserahkan kepada kematangan umat
    Islam dalam mempraktekkannya. Tapi arahnya jelas, dari
    satu laki-laki dengan jumlah istri tak terbatas,
    menjadi maksimal empat istri, menuju monogami sebagai
    bentuk ideal.

    Anggap saja prinsip “kalau terpaksa, maksimal empat”
    ini bisa diibaratkan sebagai invensi “roda” dalam
    sejarah teknologi. Sedangkan “adil” sebagai spirit
    hubungan lelaki-perempuan adalah logika yang menopang
    penemuan dan pengembangan teknologi itu selanjutnya.
    Apakah setelah lebih dari 14 abad kita cuma berkutat
    di sekitar teknologi setingkat “roda”? Kita sama
    sekali tidak berpikir, atau malah haram hukumnya, buat
    bikin sepeda, motor, mobil, pesawat, dan seterusnya
    yang berangkat dari prinsip “roda” itu? Untuk
    masyarakat yang demikian promiscuous di mana perempuan
    sama sekali tidak berharga seperti dalam dunia Arab
    waktu itu, kalau Al-Quran langsung bicara “jangan
    poligami”, jelas tidak masuk nalar. Jangankan ada yang
    mau menerima, mau mendengar pun mungkin tidak.

    Bukankah hal yang sama terjadi pada perkara
    perbudakan? Islam tidak pernah terang-terangan
    melarang perbudakan. Tapi, dengan kesederajatan
    manusia sebagai prinsip kunci, dengan “membebaskan
    budak” sebagai bentuk penebusan kesalahan tertentu
    yang dilakukan seorang muslim, misalnya, di samping
    treatment lain yang menyangkut soal ini, arah yang
    ditempuh jelas: penghapusan perbudakan. Setelah lebih
    dari 14 abad ditinggal Muhammad, masihkah kita hendak
    menghalalkan perbudakan? Lari di treadmill bisa
    menyehatkan, tapi beragama seperti lari di atas
    treadmill saya kira amat mengenaskan.

  158. Funny Says:

    Setuju…..!!

  159. Nano Says:

    poligami.. lihatlah dari banyak sisi.
    anda yg bilang sebenarnya poligami itu utk membatasi istri pada zaman nabi dulu, itu betul…
    tapi perlu diingat, tidak realistis bila ada yg bilang poligami tidak lagi dibutuhkan. alasannya udah terpapar banyak diatas. so, intinya, Islam itu agama universal dan lintas zaman. kalo dulu fungsi poligami utk membatasi jlh istri.. bukanlah lalu sekarang poligami tidak diperlukan lagi krn rata2 orang didunia cuma punya istri 1. Dengan tujuan yang benar, poligami tetap dibutuhkan utk menjaga moral dan terhindar dari fitnah.

    Ingat! Islam itu lintas Zaman!!
    Open Mindedlah, teman…

  160. aminbadali Says:

    Istighfar,rony’s mending kamu sibukkan diri kamu dengan intropeksi diri,lihatlah sisi baik dari org lain jgn suka mencari-cari kesalahan org lain.

  161. rangga Says:

    sungguh ini tulisan yang bagus buat rony sendiri, tapi tidak buat orang lain. kebenaran itu hanya milik ALLOH SWT. bukan untukmu ron. kamu telah membuat banyak orang jengah dgn tulisan ini. SATU HAL PERLU DI CATAT ADALAH BAHWA ORANG YG MENJELEKKAN ORANG ITU. SAMA HALNYA MENUTUP KETIDAK SEMPURNAANNYA SENDIRI. udahlah klo emang muslim yg baik, mengingatkan dgn kata2 bijak boleh, jgn berkedok mengingatkan tapi menghardik seseorang. jalani ke ISLMAAN dgn baik. yg wajar2 sajalah hidup. ANAK ISTRIMU LEBIH MEMBUTUHKAN NASEHATMU DARI PADA MENASEHATI ORANG LAIN.

  162. Datyo Says:

    hehehehe lucu juga komentar komentar diatas ini…cuma satu dua saja yang pake alamat jelas. Akhirnya yang ada cuma caci maki. Tidak ada diskusi yang membuat kita semua jadi lebih baik dari kemarin, diskusi yang saling mencerahkan. Sudah pasti masalah poligami menimpulkan pro dan kontra. Semua itu sah dan boleh boleh saja. Semua kembali ke hati masing masing, itu masalah pilihan.

  163. Funny Says:

    Iya nih,lucu, koq sewot-sewotan.Rony nya aja gembira, ya enggak Ron…

  164. Hafidz Says:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb
    Wahai saudaraku Roni, lebih baik anda merenung atas tindakan anda yang secara tdk langsung telah menyakiti saudaraku yang lain!! Saya bkn orang yang berilmu namun mencoba untuk menyampaikan amanat yang telah saya terima.. Insya Allah Anda dapat mengerti maksud saya..

    Wassalam

  165. Funny Says:

    Setiap orang bebas bicara dan berpendapat, hayo semua diundang untuk berkomentaar….apa saja asal hati senang…

  166. Neno Says:

    Pengecut kamu Roni!!!! Bertanggung jawablah atas semua tindakanmu!!! Lihatlah betapa pengecutnya kamu, sampe2 ga ada tanggapan lagi darimu., ga usah bikin blogspot kaya gini kalo kamu ga berani lagi ngejawabnya!!! Dasar mental tempe, mendingan kamu hidup di hutan aja sekalian cz nyatanya nanggepin yang kaya gini aja udah blepotan..!!! malah bikin masalah aja bisanya… kamu islam ato yahudi?? dasar parasit islam…

  167. atha Says:

    belum tentu kabar ttg aa gy yang anda sampaikan adalah benar adanya…jangan sampai menumbulkan fitnah…
    polygami memang menyakitkan & hanya bisa diterima oleh mereka yang berhati ikhlas….

  168. jomblo Says:

    gitu aja kok repot..!!
    apa salahnya sih nikah lagi.lagian halal kok,daripada g berjinah , kayak pejabat 2 kita,mendingan terang terangan nikah lagi.

    hidup poligami..!!!!

  169. Funny Says:

    iya nih, gitu aja koq repot,poligami itu asyikk….Hidup Rony…blogspotmu bikin hati neno kemut-kemut…

  170. BOY Says:

    SABAR KAWAN2, RONY NYA LAGI BOBOK SAMA YAYANGNYA. IKUT DONG

  171. cupri Says:

    Mas, menurut saya, mas agak keterlaluan. Saya cuma mau bilang begini, gimana rasanya mas jika mas menjadi AA Gym? Bukan maksud saya kasar, tetapi lebih baik jangan menulis kata2 yang seperti itu jika mas tidak ingin dipanggil yang serupa. Poligami memang rumit masalahnya, karena menyangkut pada nama baik seseorang dan hubungan dia dengan orang lain. Semua orang gak bisa menuduh seseorang tanpa bukti yang jelas, apalagi kabar burung tentang masalah alasan pernikahan kedua yang terdapat di surat anda. Untuk masalah MLM saya tidak tahu, tetapi itu bukanlah alasan untuk membuat orang semakin bersalah. Coba anda lihat pada KickAndy: A’a Gym menjawab [3] pada http://www.youtube.com/watch?v=AMAQ5ZnFr1E&feature=related . Bisnisnya pada waktu itu adalah menjual bakso. Mungkin dia masih cari2 pengalaman, tetapi tidak mengurangi kemungkinan sekarang dia masih mencari pengalaman untuk hidupnya, seperti MLM ini. Saya dukung anda untuk menasihati A’a untuk mengoreksi kesalahan ini. Tetapi, saya mohon, poligami bukanlah sesuatu yang mudah. Anda tahu A’a bukanlah orang yang berbicara panjang lebar seperti saya, tetapi mungkin dia menyembunyikan suatu persoalan yang baginya jika disebarluaskan untuk membersihkan nama baiknya, akan menjadi persoalan karena mungkin hal itu adalah aib. Semua orang tidak mau aibnya dibongkar2 orang. Paling baik anda perbaiki tulisan anda karena, jika saya diposisikan sebagai A’a Gym, tulisan anda sangat menyakitkan. Mungkin dia terlihat tenang saat di depan banyak orang, tetapi tidak banyak kan orang yang sabar jika dibilang bernafsu untuk berpoligami?

    Maaf jika ada kata2 atau kalimat2 yang menyakitkan hati. Saya hanya manusia biasa, bukan orang bijak, bukan Kritikus, bukan juga orang cerewet. Saya hanya manusia biasa.

  172. Naledun Says:

    Waduh….dibiarkan saja toh, urus diri sendiri aja selagi tidak mengganggu, HIDUP RONY, HIDUP AA GYM, HIDUP “saudaraku seiman”, HIDUP “wahai engkau yang terbelenggu libido”, HIDUP naledun, piss maann..

  173. Rafik Says:

    Sangat setuju Bung Rony! Tulisan anda bagus sekali.

    Pernahkah AA Gym membandingkan manfaat dan mudhorotnya sebelum memutuskan menikah lagi? Manfaatnya sih saya kurang jelas dengan apa yg disampaikan menurut versi Da’i AA Gym. Tapi yang jelas, salah satu mudhorotnya adalah berkurangnya simpatisan dan umat yang dulu mencintaimu dah mendengarkan semua dakwahmu. Banyak umat yang tidak mau lagi mendengarkan dakwahmu (bahkan mungkin dakwah da’i-da’i yang lain). Apakah itu sebanding untuk da’i korbankan?

  174. Rafik Says:

    Satu hal lagi …

    Saya sangat amat khawatir dengan sejuknya hembusan angin MLM saat ini. Banyak orang tidak menyadari kalau konsep MLM itu merusak pola pikir …. merusak orientasi. MLM sesungguhnya adalah suatu bentuk ideologi kiri yang bertentangan dengan prinsip-prinsip sosial dan agama. Saya selalu prihatin dengan orang-orang yang terbujuk oleh MLM.

  175. abdurrahman Says:

    mas roni,assalamu’alaikum.Sampai habis saya baca semua comment di blog anda.Saya mengurut dada dengan semua kata2 yang rasanya gak boleh terucap meski itu dlm hati (astghfirullah).Baiklah,saya mulai dgn pendirian saya : POLIGAMI ; yg tidak boleh adlah bahwa itu diharamkan…..
    Saya cenderung sepakat dengan cara2 berdiskusi mas tole dan mas faqih,meskipun itu dua pendapat yang tidak sefaham namun baik dalam isi dan penyampaian….akhirnya buat mas rony……..selamat berkarya dan tetaplah kritis semoga kita semua menemukan muara dari ketinggian Ilmu yang Maha Berilmu.amiiiiiiinn….

  176. Aulia Filardi Says:

    InsyaALLAH Mas Ronny bukan Snouck Hurgronje ya … gak seru ah udah fasih banget gitu ama islam tapi ternyata bukan islam xixixixixixixi …

  177. irwan Darmawan Says:

    ya begitulah kehidupan harus selktif

  178. Herawansyah Says:

    Aa Gyms telah memperistri lagi dengan bocah 13 tahun, di daerah cianjur wetan…dengan alasan wangsit untuk mengembalikan kekuatan bisnis….sebagai persyaratan kekayaan dunia….

  179. Saktie Says:

    diskusinya sudah lama.dan untuk hal ini masih aja hangat.mas rony .di tunggu untuk tema diskusi baru nya ya. seruuuu…
    Buat Saudara2 seiman :Bersatulah di Jalan Allah.kenali saudara dan musuhmu.

  180. dude Says:

    gw setan temennya ronny yang seneng menghujat orang biar yang lain pro ma gw, & jadi musuhin orang yang gw hujat…
    parahnya lagi gw suka ngerasa bener n seneng ngomongin orang di publik kaya gini….

  181. dude Says:

    ronny, gw juga bakalan musuhin elo…

  182. rani Says:

    Allah dlm alquran telah menghalalkan polygami dan dibatasi 4 istri, tidak ada syarat polygami kecuali adil….Afwan mas rony klo tidak setuju lebih baik berhusnudzan kesesama saudara. Blm tentu kita bisa melakukan apa yang telah aa gym perbuat, dan telah banyak orang yang dapat hidayah dgn perantara beliau, dan setelah beliau menikah kata-katanya semakin menghujam…

  183. dragon Says:

    permisi, mau nanya, kenapa Nabi diizinkan menikah lebih dari 4?

  184. Martz Says:

    Buruk sangka itu dosa…
    Sudahkan Mas Rony cross-chek dgn Aa Gym, kenapa Aa menikah lagi, jangan cuma karena dengar dari orang lain anda boleh men-judge orang lain segitu rupa, apalagi dengan kata-kata yang bisa menyakitkan orang bersangkutan. Jika Mas Rony memang orang yang bijak pasti Mas Rony sudah tau apa yang harus dilakukan sebelum mengungkapkan ‘keburukan’ orang lain, bukannya menuduh Mas Rony Ghibah, cuma kita juga harus hati-hari agar jangan terjerumus ke dalam jurang Ghibah tersebut walaupun sudah dicover dengan kata ’saya ingin sedikit mengingatkan’. Terima kasih.

  185. munawar cholis Says:

    mas rony mendingan sampeyan cari dulu masalah yang sebenarnya sehingga tak membuat stetmen yang rada menyinggung perasaan orang,sehingga hati tetap terjaga

  186. zen Says:

    g komen deh. gue tau gue masih bodo. yang bner yang mana. ntar klu gue dah pinter tak komentari.

  187. Dewi Says:

    Assalammualakikum Wr.Wb
    untuk saudara2ku seiman…
    Sebelumnya saya kurang begitu suka dengan AA Gym karena semua orang menganggap AA Gym seolah2 seperti Dewa/Tuhan..namun justru setelah AA Gym menikah lagi, terlihat hampir banyak orang kecewa (Di berita2 waktu itu banyak para jemaahnya yang merobek-robek fotonya dll karena kemarahannya) saya jadi bertanya-tanya kenapa mereka harus kecewa?? apakah mereka yang ikut pengajian-pengajiannya ga bisa menerima kalau beliau nikah lagi?? lalu atas dasar apa mereka ikut pengajian, apa pengajian mrk niatan karena Alloh atau karena AA Gym-nya yang sebagai manusia biasa… kalau semuanya karena Alloh kenapa harus kecewa sampai separah itu….

    Sebeanrnya dari kejadian itu justru saya jadi care ma AA Gym…saya jadi tersadarkan, Bahwa AA Gym juga manusia biasa…saya berpikir (hanya pemikiran saya pribadi yang melihat sisi positif kenapa AA Gym menikah lain).. apakah ini upaya AA Gym untuk memberikan pelajaran pada jemaahnya supaya jangan terlalu mengkultuskan dia seakan-akan dia Tuhan, apa ini ketakutan dia kalau jemaahnya malah lebih mengagungkan dia dibanding Alloh?? (yach sekali lagi ini hanya pemikiran saya saja)

    soal Poligami (wanita mana yang ga akan sakit hatinya kalau di Madu)..orang pacaran aja kalau pasangan kita selingkuh udah sakit hati apalagi kalau suami…tetapi itu tadi kalau semuanya sepakat dan bisa menerima serta menjalaninya dengan baik…kenapa tidak??

    Cuma sedikit mengingatkan untuk saudara-saudaraku tercinta:
    saya punya banyak teman yang Non Muslim, saya kadang iri (misalnya yang katolik) mereka….kenapa orang2 Non muslim itu bisa solid?? mereka bisa saling membangun untuk bisa maju….tapi kenapa kita sebagai orang2 islam tidak bisa?? padahal pada zaman Nabi kita Muhammad Islam itu besar, solid….

    saya pikir dari pada kita bicara soal poligami…gimana kalau kita bisa memikirkan bagimana Islam itu bisa besar dan solid kembali..

    Mudah2an mas roni bisa buat tulisan tentang itu yach..di Tunggu

    Hatur Nuhun
    wassalamualaikum

  188. tris Says:

    ass…sebaiknya kalo kita mau menilai/menghakimi orang lain,yah kita bercermin dulu diri kita. wass

  189. tris Says:

    tapi menurut saya pendapat2 dari sdr tole lebih berdasar ,saya sependapat dengan sdr.tole mengenai poligami.

  190. tris Says:

    tulisan roni ini mmg hrs diperbaiki,kalo kita mau mengkritisi seseorang,hrs dg kata 2 yg baik, bagaimana jika km yg dikata2in seperti itu,apalagi kalo kritik kita yg salah.bisa menimbulkan fitnah & menghina orang lain.apa itu bukan dosa ,ron.

  191. teguh Says:

    mas rony, bukankah menikah lagi untuk ‘menundukkan’ nafsu adalah boleh ? btw niat anda memberikan saran dan kritik menurut saya sudah bagus dan akan lebih bagus lagi kalau bahasanya juga menggunakan bahasa dan kata-kata yang bagus.

  192. paitun Says:

    Rony..rony,orang kok kayak gitu sifat mu nggak pantas jadi pemimpin.kamu parasit bagi orang banyak.apa yang tersurat itulah yang tersirat pada dirimu.
    wahai saudaraku.semua orang belum tahu mukamu tapi sudah tau sipa kamu.belajarlarlah untuk membenahi diri sendiri.masih banyak juga kejadian2 di alam ini yg perlu di benahi.

  193. samini Says:

    mas teguh kalau menurut aku niat rony memberikan saran
    dan kritik kurang bagus.Lebih bagus lagi kalau rony itu diam,pasti para pembaca juga merasa damai.
    Yang nyasar buka blog ini mimpi sebelumnya mimpi apa ya….?atuuuuuutttt…..

  194. tukiyem Says:

    ron,kamu orang pinter tapi apa mungkin malah kamu orang
    goblok.saya kaum awam setahu aku kalau orang pintar dan berilmu itu malah menunduk seperti padi berisi yg layak di panen.

  195. rony Says:

    mbak paitun, samini, tukiyem, entah sapa lagi, monggo pake nama satu saja. :) ip-nya cuma satu gitu lho :)

  196. denni Says:

    Assalamualaikum, wr. wb.
    kalau menikahi orang yang membuat kita ingin menyelingkuhinya adalah MEMANG solusi untuk menghindari perselingkuhan, berarti kasihan ya para wanita yang jatuh cinta kepada laki2 lain, tdk punya pembenaran untuk poliandri.
    syukurlah saya dilahirkan sebagai lelaki. namun tak bisa saya bayangkan jika saya terlahir wanita, pasti sangat menyakitkan dan selalu berpikir andai mereka dilahirkan sebagai laki-laki. saya kira saya setuju dengan mas rony (saya tidak membicarakan tentang aa’gym, biarlah beliau hubungannya dengan Allah SWT saja karena hanya Allah yang mengetahui hatinya), bahwa poligami itu baiknya dilakukan bukan karena nafsu melainkan karena fungsi kita sebagai khalifah Allah di muka bumi, untuk membantu sesama kita dan berbuat kebaikan di muka bumi. tidak perlu berkata “tapi poligami kan dibolehkan jadi sah2 saja mau poligami dg siapapun”, ini memang tidak salah, namun sejatinya sebagai manusia yang semakin beradab (jika dibandingkan dg jaman dahulu yang jaman jahiliyah), kita harus lebih bisa menahan nafsu dan lebih memakai akal dibanding orang2 jaman dahulu. harusnya semakin lama per’adab’an manusia semakin maju.

    lihat saja pengharaman khamr, tidak semerta-merta namun perlahan dan pasti. sebelum Islam masuk, wanita tidak boleh menjawab kata2 suaminya kecuali diperintah, kalau tidak bisa2 dia kena gampar suaminya. nabi membebaskan wanita dari keterpurukan dengan mencontohkan caranya memperlakukan istri2nya dalam kehidupan sehari-hari. beliau berdiskusi dengan aisyah (bahkan membiarkannya mendebatnya!) dan beliau sangat menyukai kecerdasannya. ini sesuatu yang sangat luar biasa di jaman tersebut. beliau mengajarkan bahwa kita boleh membalas kejahatan dengan cara yang sama, namun memaafkan adalah lebih baik bagi kita. poligami dibolehkan, namun monogami adalah lebih baik.

    intinya? menyalurkan nafsu dengan cara menikah lagi itu boleh saja, namun menahan nafsu dan bersyukur memiliki istri yang sudah melahirkan dengan taruhan nyawanya untuk kita, setia, dan sholihah (kalo ga setia mungkin lain lagi ya ceritanya hehehe) adalah jauh lebih beradab. saya yakin itu maksud mas rony, cuma mungkin karena menyangkut tokoh yang banyak dipuja (atau mungkin juga bahasanya yang kurang sreg di hati sebagian orang), maka menyebabkan salah paham. kalau saya salah semoga Alah mengampuni kebodohan saya. selebihnya, saya salut dengan mas rony dan teman2 lainnya yang tetap bisa berdebat tanpa kata2 kasar dan hinaan.

  197. denni Says:

    saya lupa menutup dengan salam :D
    Wassalamualaikum wr. wb.

  198. rony Says:

    wah.. si roni cari perkara nih! tunggu ya..

  199. Guess Says:

    Assalamualaikum, wr. wb.
    kalau menikahi orang yang membuat kita ingin menyelingkuhinya adalah MEMANG solusi untuk menghindari perselingkuhan, berarti kasihan ya para wanita yang jatuh cinta kepada laki2 lain, tdk punya pembenaran untuk poliandri.
    syukurlah saya dilahirkan sebagai lelaki. namun tak bisa saya bayangkan jika saya terlahir wanita, pasti sangat menyakitkan dan selalu berpikir andai mereka dilahirkan sebagai laki-laki. saya kira saya setuju dengan mas rony (saya tidak membicarakan tentang aa’gym, biarlah beliau hubungannya dengan Allah SWT saja karena hanya Allah yang mengetahui hatinya), bahwa poligami itu baiknya dilakukan bukan karena nafsu melainkan karena fungsi kita sebagai khalifah Allah di muka bumi, untuk membantu sesama kita dan berbuat kebaikan di muka bumi. tidak perlu berkata “tapi poligami kan dibolehkan jadi sah2 saja mau poligami dg siapapun”, ini memang tidak salah, namun sejatinya sebagai manusia yang semakin beradab (jika dibandingkan dg jaman dahulu yang jaman jahiliyah), kita harus lebih bisa menahan nafsu dan lebih memakai akal dibanding orang2 jaman dahulu. harusnya semakin lama per’adab’an manusia semakin maju.

    lihat saja pengharaman khamr, tidak semerta-merta namun perlahan dan pasti. sebelum Islam masuk, wanita tidak boleh menjawab kata2 suaminya kecuali diperintah, kalau tidak bisa2 dia kena gampar suaminya. nabi membebaskan wanita dari keterpurukan dengan mencontohkan caranya memperlakukan istri2nya dalam kehidupan sehari-hari. beliau berdiskusi dengan aisyah (bahkan membiarkannya mendebatnya!) dan beliau sangat menyukai kecerdasannya. ini sesuatu yang sangat luar biasa di jaman tersebut. beliau mengajarkan bahwa kita boleh membalas kejahatan dengan cara yang sama, namun memaafkan adalah lebih baik bagi kita. poligami dibolehkan, namun monogami adalah lebih baik.

    intinya? menyalurkan nafsu dengan cara menikah lagi itu boleh saja, namun menahan nafsu dan bersyukur memiliki istri yang sudah melahirkan dengan taruhan nyawanya untuk kita, setia, dan sholihah (kalo ga setia mungkin lain lagi ya ceritanya hehehe) adalah jauh lebih beradab. saya yakin itu maksud mas rony, cuma mungkin karena menyangkut tokoh yang banyak dipuja (atau mungkin juga bahasanya yang kurang sreg di hati sebagian orang), maka menyebabkan salah paham. kalau saya salah semoga Alah mengampuni kebodohan saya. selebihnya, saya salut dengan mas rony dan teman2 lainnya yang tetap bisa berdebat tanpa kata2 kasar dan hinaan.; Assalamualaikum, wr. wb.
    kalau menikahi orang yang membuat kita ingin menyelingkuhinya adalah MEMANG solusi untuk menghindari perselingkuhan, berarti kasihan ya para wanita yang jatuh cinta kepada laki2 lain, tdk punya pembenaran untuk poliandri.
    syukurlah saya dilahirkan sebagai lelaki. namun tak bisa saya bayangkan jika saya terlahir wanita, pasti sangat menyakitkan dan selalu berpikir andai mereka dilahirkan sebagai laki-laki. saya kira saya setuju dengan mas rony (saya tidak membicarakan tentang aa’gym, biarlah beliau hubungannya dengan Allah SWT saja karena hanya Allah yang mengetahui hatinya), bahwa poligami itu baiknya dilakukan bukan karena nafsu melainkan karena fungsi kita sebagai khalifah Allah di muka bumi, untuk membantu sesama kita dan berbuat kebaikan di muka bumi. tidak perlu berkata “tapi poligami kan dibolehkan jadi sah2 saja mau poligami dg siapapun”, ini memang tidak salah, namun sejatinya sebagai manusia yang semakin beradab (jika dibandingkan dg jaman dahulu yang jaman jahiliyah), kita harus lebih bisa menahan nafsu dan lebih memakai akal dibanding orang2 jaman dahulu. harusnya semakin lama per’adab’an manusia semakin maju.

    lihat saja pengharaman khamr, tidak semerta-merta namun perlahan dan pasti. sebelum Islam masuk, wanita tidak boleh menjawab kata2 suaminya kecuali diperintah, kalau tidak bisa2 dia kena gampar suaminya. nabi membebaskan wanita dari keterpurukan dengan mencontohkan caranya memperlakukan istri2nya dalam kehidupan sehari-hari. beliau berdiskusi dengan aisyah (bahkan membiarkannya mendebatnya!) dan beliau sangat menyukai kecerdasannya. ini sesuatu yang sangat luar biasa di jaman tersebut. beliau mengajarkan bahwa kita boleh membalas kejahatan dengan cara yang sama, namun memaafkan adalah lebih baik bagi kita. poligami dibolehkan, namun monogami adalah lebih baik.

    intinya? menyalurkan nafsu dengan cara menikah lagi itu boleh saja, namun menahan nafsu dan bersyukur memiliki istri yang sudah melahirkan dengan taruhan nyawanya untuk kita, setia, dan sholihah (kalo ga setia mungkin lain lagi ya ceritanya hehehe) adalah jauh lebih beradab. saya yakin itu maksud mas rony, cuma mungkin karena menyangkut tokoh yang banyak dipuja (atau mungkin juga bahasanya yang kurang sreg di hati sebagian orang), maka menyebabkan salah paham. kalau saya salah semoga Alah mengampuni kebodohan saya. selebihnya, saya salut dengan mas rony dan teman2 lainnya yang tetap bisa berdebat tanpa kata2 kasar dan hinaan.;;

  200. ZiuSS Says:

    RONI KAMU SEPERTINYA TIDAK MENGERTI TENTANG POINT POINT PENTING DALAM ISLAM.
    KAMU TIDAK MENGERTI YA
    AA GYM ITU PUNYA PIKIRAN 4 DIMENSI

    KALAU DILIHAT DARI TULISANMU MU DI ATAS
    KAMU SAMA AJA DENGAN YANG LAIN
    PROTES TENTANG POLIGAMI HANYA DENGAN MELIHAT TAPI TIDAK BERUSAHA UNTUK MEMAHAMI

    INGAT DAN COBA DI CEK LAGI…..

    RASULULLAH PERNAH BERKATA
    ” KALAU ALI MAU MENIKAH LAGI CERAIKAN DULU FATIMAH ”

    INI YANG SERING KALI KALAU SAYA PERHATIKAN ORANG2 SALAH DALAM MENTERJEMAHKANNYA

    PADAHAL DARI SITU SUDAH JELAS BAHWA NABI TIDAK MELARANG ALI UNTUK MENIKAH LAGI
    HANYA SAJA RASUL MENGAJUKAN SYARAT AGAR FATIMAH HARUS DI CERAIKAN DULU.

    PERLU DI KETAHUI BAHWA ADA PERATURAN KHUSUS UNTUK ISTRI ISTRI NABI DAN KETURUNANNYA

    ISTRI NABI SAJA TIDAK BOLEH MENIKAH LAGI DENGAN ORANG LAIN SEPENINGGAL NABI MUHAMMAD SAW.

    APAKAH KAMU TAHU AKAN HAL ITU RONI ??????
    AA GYM PASTI PUNYA RENCANA LAIN YANG LEBIH HEBAT
    DARI YANG KAMU SEBUTKAN DIATAS.

    MESKIPUN SAYA TIDAK TAHU RENCANA APA PASTINYA.TAPI SAYA BERHARAP MUDAH2AN UNTUK KEBAIKAN KITA SEMUA

    MAKA DARI ITU SEBAIKNYA JANGAN MEMVONIS AA GYM BEGINI… DAN BEGITU…. JANGAN2…..

    TAPI SEBAIKNYA MENURUT SAYA ANDA TANYAKAN SAJA DIDALAM DIRI ANDA, DENGAN PERTANYAAN…

    WHY AA GYM……….????????????

  201. sandra Says:

    mas rony yth,
    ingat manusia telah dijanjikan jalan hidup nya oleh Allah, tulisan Anda seakan terlalu ‘DramatiS’apakah Anda TUHAN !!! yg gampang memutar balikkan kehidupan orang lain, Allah saja yg Maha Agung tidak sekejam tulisan Anda.

    saya yakin Aa Gym punya niat yg baik, keputusan nya unt ber poligami, bisnis MLM, dan syiar nya yg terkenal “Managemen Qolbu” memiliki alasan yang kuat yg telah lama ia yakini BENAR

    harus dipahami dan dimengerti mungkin cara pandang Anda dgan Aa Gym jauh sangat berbeda, salah satunya lingkup pengetahuan Anda, tdk sama dngan Aa Gym, buku yg Anda baca berbeda dngan buku yg dibaca Aa …
    Betul kah ….

  202. apri Says:

    buat mas ziuss…
    Jangan pake huruf besar semua mas.. kesannya emosi banget sama mas ronny.. mending kita berdebat yang sehat aja. tanpa harus saling menghakimi.. bagi saya perkataan mas ronny hanya pandangan seorang yang kecewa, saya juga kecewa dengan aa gym karena dari apa yang telah dilakukannya itu (poligami) telah membuat banyak orang kehilangan nafkah dari usaha yang dijalankan dari DT. poligami hanya cocok pada seorang yang menikah dengan alasan wanita itu perlu ditolong ( tapi bukan cantik, mapan atau mantan model..) kan aneh… seandainya aja AA Gym menikahi seorang atau 2 orang janda tsunami aceh akan lain ceritanya…

  203. retno Says:

    aku melu2 komentar ah….
    pernah baca buku Salim A Fillah g? yang judulnya Agar Bidadari Cemburu Padamu?bukunya bagus banget lho….
    disitu juga dibahas kenapa nabi muhammad melarang ali untuk berpoligami. Karena saat itu yang meminta agar putrinya dinikahi ali adalah abu jahl, biangnya jahiliyah waktu itu. Jadi rosulloh bersabda klo musuh alloh dan utusan alloh g bisa hidup bersama-sama.gt…..
    Tp maaf, aku lupa Salim A Fillah ngutip dari mana, tapi yang jelas ada ko, coba dech baca….hehe maaf ya….
    Aku tetep mengagumi seorang AA Gym, kalaupun aku di minta untuk menjadi istri ke-3 nya juga aku mau,hehe tapi yang jadi masalah AA Gymnya mau nggak ma aku?hehehe, maaf………………………………..

  204. retno Says:

    sekarang aku dah nggak lupa coz aku dah bawa bukunya, ada di halaman 239, tak kutip ya…..dari buku Agar Bidadari Cenburu Padamu dari Salim A. Fillah,
    “agar adil menyikapi, mari kita baca secara lengkap riwayat yang sampai kepada kita tentang hal ini. Al Miswar Ibn Makhramah, Radhiyallohu ‘Anhu berkata, ‘ali ibn Abu Thalib melamar putri Abu Jahl ibn Hisyam padahal ketika itu ia telah menikah dengan Fathimah. Kemudian aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam berkhutbah di atas mimbar, dan saat itu aku bagai sedang bermimpi, di mana beliau bersabda:
    “fathimah adalah bagian dari diriku, dan aku mengkhawatirkanagamanya. bani Hisyam ibn Al Mughirah (anak-cucu dari ayahnya Abu Jahl)telah meminta izin kepadaku untuk menikahkan ‘Ali dengan putri mereka.namun aku tidak akan mengizinkannya. Aku tidak akan mengizinkannya. Aku tidak akan mengizinkannya, kecuali jika ibn Abu Thalib bersedia menceraikan putriku lalu menikah dengan anak perempuan mereka.
    karena sesungguhnya puteriku adalah bagian dari diriku, apa yang membuat dia gelisah akan membuat aku gelisah, apa yang menyakitinya akan membuatku merasa sakit, dan barang siapa membuatnya marah maka dia telah membuatku marah.
    Ini bukan berarti, aku mengkharamkan yang halal atau sebaliknya menghalalkan yang haram. Akan tetapi, Demi Allah! Demi Allah jangan samapi putri seorang Nabi Allah dan Putri musuh Allah berkumpul dalam satu tempat!Selamamnya! (HR Al Bukhari [311, 3729], Muslim [2449], Ahmad [4/326], At Tirmidzi [3959], An Nasa’i [65], Ibnu Majah[1998])

  205. retno Says:

    Kalau menurut aku sih, bener aa gym dech….
    coba dech dipikir secara logika, klo misalnya kita(seorang perempuan)memiliki seorang madu yang tidak lebih baik dari kita, pasti dech kita nggak tertantang, keikhlasan kita juga nggak sepenuhnya.emang seh dalam hadia udah di jelaskan kriteria yang harus dinikahi dalam berpoligami…..
    Coba klo madu kita lebih baik segala-galanya dari kita, emang seh awalny sakit, tapi ikhlas kan butuh proses….sambil berjalan kita belajar, belajar mencintai Alloh sepenuhnya….Hidup adalah proses belajar, ni kata andry wongso.Klo madu kita nggak lebih baik dari kita, pasti kita (di hati yang paling dalam)ada rasa sombong walaupun itu sedikit….
    Emang seh…ngomong itu gampang, aku sendiri juga belum ngrasain…..alloh tau apa yang dibutuhkan hambanya, bukan keinginannya………

  206. Renal Says:

    mas Roni saya ingin mengkritik kata-kata anda dalam melakukan pengkritikan, pertama saya setuju dengan kata awal anda yang santun, tapi disisi lain secara terminologis dan etimologis ada kata-kata anda yang bersifat tendensius dan menjatuhkan atau memancing emosional para saudara anda yang lain anataranya misalnya “wahai engkau yang terbelenggu libido” kemudian menghakimi “kebijakan telah pupus karena makan harta MLM”, untuk mengkritik orang bijak sebaiknya anda berlaku bijak walaupun sebenarnya saya yakin meskipun anda mengkritiknya secara tendensius aa gym tetap akan menerima kritikan anda secara bijak, mari kita lihat semua permasalahan ini secara komprehensif dan radikal alias tidak secara sepotong-sepotong, terus terang saya sependapat dengan sebagian kritikan anda dan saya juga tidak sependapat dengan sebagaiannya, mengenai MLM jika itu menguntungkan yang atas untuk harta dan kepentingan pi sabililah atau kepentingan umat alias keuntungannya digunakan untuk jalan Allah saya tidak setujku dengan pendapat anada, tapi jika itu untuk kepentingan pribadi saya setuju dengan pendapat anda bahawa mlm itu membawa mudharat dan kerugian karena itu sudah menyalahi syariat islam.kemudian mengenai masalah poligami bahwa aa gym tidak bijak karena menikah dengan nafsu ini abstrak bagaimana anda bisa menganalisa hati dan nafsu seseorang? apa alat ukurnya? saya mengkritik anada sebaiknya bicara agar lebih faktualdan dengan bukti-bukti jangan hanya berdasarkan pransangka-prasangka dan subjektifitas yang serba tendensius, apakah kritik anada ingin membangun atau menghancurkan? hanya hati andalah yang tahu? sebagai anda mengaku sebagai orang beriman dan anda mengakui mengimani kalo poligami itu halal? benar atau tidak yang tahu itu hati anda? kemudian tujuan anda mengkritik dinternet ini untuk apa? apakah mencari sebuah analisa atau anda punya misi dan visi tertentu, saya ingin berbagi dan berdiskusi dengan anada baik itu secara ilmiah teologis dan ilmu bahasa saya ingin tahu siapa anada dan motivasi anada dan mari kita bahas masalah ini samapai ke akarnya untuk mencari kesimpulannya agar publik bisda tahu? saya tunggu jawaban anda

  207. Renal Says:

    Hei Ron komentar gw tadi malam dan tadi pagi kenapa di hapus gimana sich? diajakin diskusi tatap muka dan terbuka dimuka publik untuk bahas masalah ini secara komprehensif dan radikal malah dihapus, payah….

  208. rony Says:

    @mas Renal:
    saya tidak merasa menghapus komentar Anda, mungkin komentar sebelum ini tertangkap sebagai spam. maafkan.
    1. “MLM jika itu menguntungkan yang atas untuk harta dan kepentingan pi sabililah atau kepentingan umat alias keuntungannya digunakan untuk jalan Allah saya tidak setujku dengan pendapat anada” begitu pendapat panjenengan. apakah ini berarti kalo mencuri terus duitnya untuk nyumbang masjid diperbolehkan? :)
    2. bahasa saya mungkin kasar, ukuran saya juga terlalu subyektif dari diri saya. tetapi terus terang, jika waktu itu beliau memilih menikahi janda korban tsunami aceh, tulisan ini tentu tidak akan keluar :)
    3. tujuan saya menulis semata-mata mengeluarkan uneg-uneg saya saja. syukur ada manfaatnya, jika justru tak bermanfaat, saya mohon ampun kepada-Nya.

  209. renal Says:

    Terimakasih atas jawabannya mas Roni,
    1.Maaf namanya MLM syariah berbeda tentunya dengan konvesional kata-kata “mencuri” itu bertentangan dengan syariah, kita lihat dulu jika itu MLM berlabel syariah harus ada kesesuaian denagan quran dan sunah dan melalui ijtihad ulama, kemudian dilihat operasi dan kinerja serta sistem mlm itu seperti apa bertentangankah dengan keimanan dan ketaatan kita sebagai seorang muslim atau sesuai/taat (berlandaskan syariat, jadi terlalu prematur jika menyimpulkan atau mengeluarkan kata-kata “mencuri” harus dengan bukti, kalopun memang ada mlm yang berlabel syariah padahal; isinya tidak syariah yang mana mlm yang keluar dari syariah itu, maka jangan disama ratakan itu pekerjaan oknum yang menjual agama demi kepentingan keuntungan bisnis pribadi, yang jelas mlm syariah itu dibuat harus dengan tujuan untuk Allah dan kepentingan umat, tapi jika yang dikatakan mas roni bisa dibuktikan bahwa isi mlm aa gym itu tidak syariah alias pencuri saya akan mendukung mas roni,

    2.mas Roni untuk hal ini saya 50% sependapat dengan anda tapi banyak tafsir dan definisi yang kita meski lihat secara komprehensif jangan sepotong-sepotong, dan emosional terlebih dulu, jika mas roni bisa meyakinkan saya 100% dengan dalil-dalil qot,i quran dan sunah, kemudian apa alat ukurnya dia terbelenggu libido dan menikah berdasarkan hawa nafsu, diragukan sebagai ibadah saya akan sependapat dengan anda, tugas kita didunia memang saling mengingatkan karena tidak ada manusia yang sempurna itulah tugas sebagai saudara seiman
    3. saya tidak mau menilai bermanfaat atau tidak tapi alangkah lebih bijak dan mulianya jika mas roni menyampaikan peringatan ini tidak secara emosional dan tidak membuka aibnya ke publik tapi langsung kepada orangnya, saya tidak mendukung siapapun yang saya dukung adalah Allah dan kebenaran

  210. falcon Says:

    TABAYYUN

  211. rabbani Says:

    Kita sebagai umat Muhammad tentu percaya / beriman kepada Al-Quran. Sekarang lihat Al-Quran …….

    [4:3]Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yang yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi : dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya.

    surah di atas dilengkapi dengan surah berikut ini …

    [4:129] Dan kamu sekali-kali tidak akan dapat berlaku adil di antara isteri-isteri(mu), walaupun kamu sangat ingin berbuat demikian, karena itu janganlah kamu terlalu cenderung (kepada yang kamu cintai), sehingga kamu biarkan yang lain terkatung-katung. Dan jika kamu mengadakan perbaikan dan memelihara diri (dari kecurangan), maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

    Maka apapun alasannya, secara jujur manusia itu sekali-kali tidak dapat berlaku adil.

    Jika hari ini datang ke istri pertama, tentu istri kedua merasa diabaikan. Dan jika besok datang ke istri kedua tentu istri pertama merasa diabaikan ….JUJUR.

    Maka polygami itu di dalam Al-Quran tidak digalakkan, Muhammad melakukan hal demikian dengan keadaan yang sangat specifik.

    Yang Maha Adil hanyalah ALLAH.

  212. dul Says:

    yang jelas istri kedua lebih montok…bener gak ak?

  213. A Somad Says:

    Sepengetahuan saya
    Aturan Perkawinan dituangkangkan didalam SURAT ANNISAH
    Saya tidak mengerti bahwa poligamy diperbolehkan
    Karena blla pasal 129 dismak
    Pasal ini jelas membatalkan pasal sebelumnya
    Dan ini adalah sesuai dengan rukun IMAN yang ke 6
    Jika di terjemahkan jelas bahwa Qadar laki laki sudah ditentukan oleh ALLAH SWT
    Apakah yang beristri lebih dari satu ingin mengabaikan pasal ini yang nota bene juga tidak mengimani rukun Iman yang ke 6?
    Memang akhirnya yang bersangkutan harus mempertanggungjawabkan perbuatannya kepada Allah SWT.

    Wassalam
    Eyang Somad

  214. irma sofyan Says:

    setuju mas rony…
    dilingkunganku banyak loh nenek2 janda..ada yg sbatang kara, ada yg masih kerja binatu diusia 82 thn,..kalo ada Rasul (Muhammad SAW) mungkin udah dinikahi buat dnafkahi,…tapi kalo Aa..mau gk yah..nikahi nenek2 itu..payaaaaaaaaaaaaah.

    Kalo masih nafsu liat wanita cantik gk usah ngomongin agamalahhhhhhhhhh,….kalo masih 70% mikiri dunia…gk usah brlebihan deh…

    hidup rony

  215. ilya Says:

    sejak Aa Gym poligami aku benci banged denger namanya palangi sama dakwah bullshitnya …

  216. etikush Says:

    http://etikush.blogspot.com/2009/03/aq-ingindipoligami.html

  217. Ali Says:

    Bertindaklah sesukamu dengan mengkritik orang lain tapi berusahalah untuk menilai diri sendiri dan jangan mencampuri orang lain okey

  218. Elyusri Says:

    Dalam menyampaikan dakwah sebaiknya dengan cara “bilhikmah wa mau`izatil hasanah”,roni….rasanya kurang tepat kalau mengritisi AA Gym disini.Tulisan saudara kayaknya telalu subjektif.Kalau menurut anda salah kenapa tidak disampaikan secara langsung.Bahasa yang anda muat sangat jauh dari bahasa hikmah dan kesopannan.Yang Jelas Allah telah menjelaskan secara implisit dalam Alquran tentang kebolehan berpolygamidengan syarat adil, apa anda tau keadilan yang diperbuat AA Gym, wallahu a`lam.Yang jelas AA Gym telah berbuat banyak untuk umat ini, kita apa yang telah kita perbuat…?Tanyalah kebenaran itu kedalam hati kita yang paling dalam (isi dari hati yang ada nur ilahi didalamnya)

  219. Renal Says:

    orang yang benci poligami berarnti membenci peraturan Allah yang menghalalkan itu, cara pandang anda semua rtergantung ukuran keimanananda dan pemahaman anda terhadap agama, Allah lebih mengetahui apa yang tidakkita ketahui rencana allah dan takdir Allah itu adil begitupun aturannya adalah adail ada rahasia allah dibalik semua itu, jika anda ingin memprotes peraturan allah silahkan anada coret dan bakar Alquran dan tadahkan tangan ke langit kemudian anda protes padaNYA kalo anda berani, perempuan akan semakin banyak didunia ini lalu kalo laki-laki sedikit ia mau nikah ma siapa mau lesbi…? mau jinah….? semua terserah anda Allah memberikan kebebasan kanan ataukiri iman atau kafir taat atau menentang dan masing masing ada resiko dan konsekwensinya darikebebasan itu, poligami adalah takdir, orang yang ingin poligami kalo takdirnya tidak poliogami dari allah dia tidak akan pernah poligami begitupun sebaliknya kalopun tidak mau bahkan benci kalo ia ditakdirkan allah poligami atau dipoligami pasti hal itu akan terjadi pahamilah itu

  220. match Says:

    Saudaraku Rony, percayalah hidup adalah sementara, dunia hanya pelintasan singkat, segala sesuatu gerak dan hidup ada dalam genggamanNYA terkadang kita melihat sesuatu penuh ketidak adilan, seorang anak pengemis harus terlahir menderita dan kelaparan mengapa? apa dosa mereka? bukankah mereka lahir suci tiada derita, tapi lihatlah? apakah Tuhan itu Adil? Allah telah menyinggung didalam Alqur’an bahwasanya manusia itu selalu salah dalam memandang ciptaannya, tetapi kata Allah cobalah kau lihat sekali lagi, kemudian kau lihat sekali lagi, dan kemudian kau lihat sekali lagi maka kau pun akan tau dan mengerti dan memahaminya… semua telah diatur, bagaimanapun juga Abdullah Gymnastiar adalah saudara kita, mengingatkan dan menegur adalah baik saya MENDUKUNG ANDA, tapi tidak untuk menghakimnya, bilamana Allah berkehendak jangankan mengGAGALkan perkawinan A’A Gym, menghancurkan seluruh kejahatan di dunia ini pun dapat dilakukan dalam sekejap mata, ingatlah dalam suatu kejadian pasti ada RAHASIA, mudah2an kita selalu dilimpahi rahmat dan saling mengasihi dan menyayangi sesama manusia utamanya sesama muslim
    Wassalam
    Hamba Allah yang Faqir dan tak berdaya…

  221. byan hoja Says:

    Apakah anda mengenal scra dekat seorang Aa’ Gym???
    Kalo tdk,dan saya yakin sekali tidak,drmana anda bs menyimpulkan spt itu???
    Artinya sayapun jg bs menyimpulkan bhwa anda adlh manusia yg tdk melakukan kbaikan apapun untuk
    Umat negeri ini tetapi yg anda lakukan adlh anda mersa bhwa
    Kebenaran Allah ta’ala dekat sekali dgn khdpan anda!
    Heeeii,siape loe,bgtu kira2 org betawi blg!!!
    Sebaiknya anda melihat sesuatu lgsg ke sumbernya,bgmn usaha tsbt di kelola,dan kmana aliran hasil keuntungan itu
    Di gunakan!
    Anda (menurut saya) hanya spt pendemo di bundaran HI yg tak jelas kemampuannya.
    Negeri ini tidak di bgn dgn komentar,melainkan dgn tindakan teladan.
    Termakasih,terimakasih Aa’….smga Allah senantiasa membimbing kita dalam ikhlas!!!

  222. saya Says:

    tulisan yang sangat bagus..tapi didasari pemikiran yang dangkal dan pemahaman agama yang hanya melihat dari garis besarnya saja..mengingatkan tetapi terlalu mengadili..seperti anda sangat sempurna..

  223. askar Says:

    ass
    setelah empat tahun berlalu
    bagaimana kabar aa gym ?
    kemana para fans aa gym ?
    PRAKTEK POLIGAMI MESKI HALAL, namun makin tidak diminati karena merupakan bunuh diri sosial dan politik
    namun sebaliknya monogami tetap jadi pilihan banyak orang
    karena MONOGAMI JELAS2 TIDAK HARAM, PASTI LEBIH ADIL & TIDAK MENGURANGI KUALITAS KE ISLAMAN, MALAH MENINGKATKAN MARTABATNYA SEBAGAI ORANG YANG BISA MENAHAN DIRI DARI NAFSU PADA BUKAN ISTRINYA SERTA MENJAGA MARTABAT KELUARGANYA
    membandingkan poligami dengan monogami bukan antara pilihan selingkuh dan tidak selingkuh
    JELAS LEBIH BAIK BAGI MASYARAKAT SEORANG YANG BISA MONOGAMI DAN BERPUASA DARI NAFSU TERHADAP WANITA LAIN
    dan JELAS LEBIH BAIK BAGI ALLAH SWT KARENA PELAKU MONOGAMI JELAS MENUNJUKKAN UPAYA BERTINDAK ADIL DAN BISA MENAHAN DIRI UNTUK TIDAK MENYAKITI HATI ISTRINYA
    alasan jumlah wanita lebih banyak tidak relevan, data sensus menunjukkan malah jumlah pria lebih banyak, HANYA ORANG SESAT YANG MENGGUNAKAN DALIL WANITA JUMLAHNYA BERLIPAT-LIPAT SEHINGGA POLIGAMI SECARA LOGIS ADALAH JAWABANNYA
    MONOGAMI ADALAH PILIHAN YANG LEBIH BAIK DARI POLIGAMI, SEJAJAR DENGAN PENDAPAT PERBUDAKAN LEBIH BAIK DARI TANPA PERBUDAKAN, SIAPA YANG BERANI MENDEBAT BAHWA PERBUDAKAN DILARANG ? TIDAK DILARANG, HALAL NAMUN SUDAH TIDAK SESUAI JAMAN
    PRAKTEK PERBUDAKAN SAMA DENGAN POLIGAMI SUDAH KEDALUARSA, SAMA-SAMA HALAL NAMUN JUGA SAMA-SAMA TIDAK DIANJURKAN, ORANG YANG INGIN ISLAM MAJU PASTI AKAN MENINGGALKAN PRAKTEK POLIGAMI (DAN PERSELINGKUHAN) SEPERTI KITA MENINGGALKAN PRAKTEK PERBUDAKAN, KARENA RAHASIA SUKSESNYA ISLAM ADALAH KERJASAMA ANTARA KAUM PRIA DAN WANITA MUSLIM DALAM MEMAJUKAN ISLAM, KUNCINYA JELAS HENTIKAN PRAKTEK POLIGAMI SEPERTI KITA HENTIKAN PRAKTEK PERBUDAKAN, INGAT MESKI POLIGAMI HALAL NAMUN TIDAK BERPOLIGAMI JUGA HALAL, MONOGAMI ITU HALAL DAN LEBIH DIANJURKAN
    KEMANA PARA FANS AA GYM ?
    KERUSAKAN AKIBAT POLYGAMI AA GYM PADA SYIAR ISLAM LEBIH BESAR DARIPADA KEUNTUNGANNYA
    APA SALAHNYA KALAU AA GYM BERPUASA DARI NAFSU MENIKAH LAGI ? TOH MASIH BISA DISALURKAN KE ISTRI PERTAMA ? DAN KALAU ITU DIA LAKUKAN (MONOGAMI) BAYANGKAN BERAPA JUTA UMAT ISLAM YANG MASIH BISA DIBIMBING UNTUK HIDUP LEBIH BAIK, BERAPA MUALAF YANG BISA TERTARIK MASUK ISLAM ?
    TAPI SEKARANG, DIMANA KAU AA GYM ? TAK TERSISA KECUALI JEJAK PECUNDANG YANG MENGKHIANATI SYIAR ISLAM KARENA LEBIH MEMENTINGKAN NAFSUNYA DIBANDINGKAN KEBERHASILAN SYIAR ISLAM YANG LEBIH BESAR DARI DIRINYA

    MAAF SAYA AGAK KASAR KARENA AA GYM TELAH MENIMBULKAN KERUSAKAN PADA SYIAR ISLAM YANG SUDAH DIBANGUN DENGAN BAIK OLEH YBS
    APAPUN ALASANNYA, POLIGAMI AA GYM TETAP HALAL DAN BENAR, NAMUN FAKTANYA HAL ITU TIDAK TEPAT KARENA MERUSAK SYIAR ISLAM YANG INDAH DAN TEDUH BAGI SEMUA
    WASS

  224. rahmat Says:

    Salut atasnya, sejatinya, Islam tidak mewajibkan poligami namun memberikan jalan berupa rukhsah/keringanan bagi yang ingin melakukannya. karena dipraktekkan Rasul maka hukum asalnya adalah Sunnah, dan bila sudah sunnah maka dapat dilakukan maupun tidak, toch masih banyak sunnah rasul yang datangkan pahala dan membahagiakan orang lain bukan hanya Polygami.

    Sekarang, saatnya kita teduhkan hati dan jiwa, kenapa harus protes dan hujat orang mas, kalau mau ingetin orang baiknya yang ma’ruf. kalau melalui jasa blog saya yakin ini bukan ngingetin tapi menyebar kelemahan orang/aib saudara kita. saya senang kualitas tulisannya, metodenya saja yang mungkin kita harus pikirkan lagi bersama

    Ilallaahi turja’ul Umur
    Rahmat,…

  225. askar Says:

    BETUL MAS RAHMAT, TERIMAKASIH KOMEN ANDA YANG BIJAK DAN SINGKAT BISA MENYIMPULKAN TULISAN SAYA YANG PANJANG
    SAYA SETUJU KITA NGGAK USAH MENGHUJAT AA GYM LAGI
    KARENA TIDAK ADA MANFAATNYA BAGI KITA SEMUA, CUMA YANG SAYA INGIN INGATKAN PADA PARA FANS AA GYM YANG SOK TAHU DAN MERASA LEBIH AHLI AGAMA SERTA MENCOBA MENIPU KITA DENGAN MENGGUNAKAN ALASAN PALSU, BAHWA JUMLAH WANITA JAUH LEBIH BANYAK DARI PRIA (DI INDONESIA DANDUNIA) MOHON ANDA MENGHENTIKAN TINDAKAN MEMALUKAN INI, KARENA SILAHKAN BACA KUTIPAN SEBAGAI BERIKUT YANG BISA ANDA KLARIFIKASI LEWAT GOOGLE KAPAN SAJA UNTUK MEMNGETAHUI BAHWA ALASAN JUMLAH WANITA LEBIH BANYAK ADALAH ALASAN SAMPAH DAN TIDAK MUTU SERTA MENUNJUKKAN RENDAHNYA INTELEKTUALITAS SERTA MEMALUKAN BAGI KAUM MUSLIMIN. INI BISA DIANGGAP ANDA SECARA KALAP MEMBELA POLIGAMI DENGAN MENGGUNAKAN DALIL NGAWUR. ANDA TELAH MENIPU ORANG SEHINGGA POLIGAMI NAMPAK LOGIS DAN DIGUNAKAN UNTUK MEMBUAT POLIGAMI YANG SEBETULNYA SUNNAH JADI SEOLAH WAJIB KARENA SESUAI JUMLAH PENDIUDUK SERTA DIGUNAKAN UNTUK MENGUKUR KETAATAN ATAU KADAR KEISLAMAN. MARI KITA SIMAK TULISAN MAS RAHMAT “Islam tidak mewajibkan poligami namun memberikan jalan berupa rukhsah/ keringanan bagi yang ingin melakukannya, karena dipraktekkan Rasul maka hukum asalnya adalah Sunnah, dan bila sudah sunnah maka dapat dilakukan maupun tidak, toch masih banyak sunnah rasul yang datangkan pahala dan membahagiakan orang lain bukan hanya Polygami”

    1. PERKIRAAN POPULASI PENDUDUK INDONESIA. Menurut publikasi BPS pada bulan Agustus 2010, jumlah penduduk Indonesia berdasarkan hasil sensus ini adalah sebanyak 237.556.363 JIWA, yang terdiri dari 119.507.580 laki-laki dan 118.048.783 perempuan ( Hasil Sensus Penduduk 2010 Data Agregat per Provinsi. Badan Pusat Statistika. Diakses pada 27 Agustus 2010)
    2. PERKIRAAN POPULASI PENDUDUK DUNIA TAHUN 2010. Total penduduk dunia sebanyak 6,853,019,414 jiwa dengan jumlah penduduk pria sejumlah 3,451,948,881 jiwa dan penduduk wanita 3,401,070,533 jiwa sehingga ratio penduduk pria terhadap wanita adalah 101.5
    (http://www.census.gov/ipc/www/idb/. Diakses 18 Oktober 2010)

    TERIMAKASIH, HIDUP MONOGAMI, MARI BERPUASA DARI NAFSU PADA BUKAN ISTRI, HORMATI ISTRI, SAYANGI KELUARGA, SEMOGA ALLAH MENERIMA IBADAH KITA DAN JALAN MONOGAMI YANG MENGUATKAN ISLAM ADALAH AGAMA BAGI UMAT YANG BISA MENAHAN DIRI DARI HAL-HAL YANG HARAM DAN HAL-HAL YANG HALAL TAPI MUDARATNYA LEBIH BESAR DIBANDINGKAN MANFAATNYA. WASS

  226. javary Says:

    inilah kerusakan akhir zaman,semua sibuk mengkritik orang lain,,padahal jika kita mau jujur masih banyak kejelekan pada diri kita sendiri,,sadarlah wahai manusia yang berakal,dan beriman, ketahuilah hanya allah yang tahu apa yang ada didalam hati manusia,,malulah bagi mereka yang berakal sehat,,,

  227. lauchen Says:

    Aa gym cerai lohh…. Ψ >=). HAA>=)HAA>=)HAA>=)
    «|/.▼>. HAA>=)HAA>=)HAA>=)
    |_/ \_ HAA>=)HAA>=)HAA>=)

    Aduhhhhhh gmn??? Inikah poligami yg membawa berkah itu?
    Perceraian Aa Gym Tinggal Ketuk Palu http://bit.ly/hKpo43

  228. tarya Says:

    Gymnastiar juga manusia. Kepandaiannya berbicara di depan masa, pengetahuan agamanya, dan penampilannya yang membuat orang percaya, ternyata hanya digunakan untuk memuaskan hawa nafsunya dan menyakiti orang yang paling dekatnya. Memang motivasi pribadinya hanya dia dan Alloh yang tahu. Tapi kita sebagai manusia yang bisa berfikir,
    boleh menduga, walaupun mungkin dugaan kita tidak betul 100%. Kalau dalam bahasa Sunda, Gymnastiar itu menggunakan ilmu ajug, artinya hanya bisa menerangi orang lain, sementara ia sendiri gelap.

  229. askar Says:

    sayang sekali ya, padahal kalau si aa gym bisa berpuasa dari keinginan berpoligami maka saya yakin saat ini jauh lebih banyak kebajikan yang terjadi dalam dakwah kita, akan lebih banyak potensi keluarga yang lebih sakinah, suami yang setia, istri yang ikhlas, anak anak yang bahagia, penganut Islam yang baru, dakwah di mana-mana, tapi sayang seribu sayang antusiasme dakwah yang demikian sukses oleh aa gym dulu sdh hancur karena aa gym tidak mau berkorban untuk puasa mencari istri lagi, setia pada keluarganya, pada istri dan anak anaknya, menenggang perasaan cinta istri dan perasaan para pengikut setianya…..poligamai itu halal sehalal halalnya, tapi tidak berarti apa-apa kalau menghasilkan mudarat sebesar-besarnya bagi dakwah yang sukses…
    hal yang tidak salah tidak selalu merupakan hal yang benar untuk dilaksanakan, namun hal yang benar pasti adalah hal yang memiliki akibat merugikan sekecil mungkin namun malah menguntungkan bagi agama,keluarga, bangsa, negara dan perjuangan kita.
    kalau kita harus berkorban harta,waktu,keringat, air mata dan tenaga, apalagi cuma berpuasa dari syahwat kepada wanita selain istri kita tentu tidak masalah, karena masih tidak harus berkorban harga diridan nyawa dengan imbalan keberhasilan dakwah dan tentu saja secara finansial baik bagi semuanya ,khususnya bagi perjuangan amar maruf nahi mungkar.
    sekarang ? hanya dapat sahwat dengan pengorbanan keluarga, istri pertama diceraikan, anak-anak broken home, dakwah bubar jalan,bisnis berantakan, pengikut pada menghujat, malah ada yang pindah agama, terus untungnya apa ? cuma bisa dapat istri muda…..yang lainnya cuma sampah bagi aa gym, maka tidak salah kalau dia dipertlakukan seperti kotoran karena kerusakan yang ditimbulkan bagi pengembangan dakwah Islam sangat besar, bukan sekedar soal poligami atau monogami……kalau saya jadi aa gym, tindakan yang paling tepat sebetulnya ceraikan istri kedua bukan istri pertama….namun bagi orang semacam aa gym yang dengan enteng bilang “kalau ada yang kedua selalu lupa yang pertama” maka pintu hatinya sudah kelam ditutupi syahwat duniawi……
    semoga keluarga yang diceraikan aa gym mendapat ganjaran sorga atas pengorbanan mereka dalam membuktikan poligami lebih banyak mudarat dari manfaatnya, sperti kata Nabi junjungan kita bahwa mustahil adil dalam berpoligami, dan dilarang berpoligami tanpa bisa berlaku adil dan atas persetujuan istri pertama…..

  230. aziz Says:

    bung di mana wala dan baro anda,,yang anda ucapkan itu prasangka,,disisi lain anda menjelek-jelekan orang lain tetapi justru anda sendrirlah yang harus bertobat,,,,tuh kritisi orang yang beristri satu tapi selingggkuhhhh,,,,

  231. askar Says:

    dari awal justru saya mengkritisi poligamis karena bagi saya merekalah yang semula beristri satu namun telah berselingkuh dengan wanita lain, berkhianat terhadap komitmen perkawinannya, dengan menikah lagi dan menghancurkan hati istri,anak-anak serta keluarg, meski menikah resmi namun hakikat perselingkuhan tetap ada. Aa gym kawin tanpa ijin dahulu istrinya berarti dimulai dari zinah mata,zinah hati, dengan dibalut alasan segala macam telah mengkhianati mereka, mau pakai pernikahan atau dengan selingkuh sama saja, pengkhianatan pada komitmen pernikahan…. zinah sih nggak tapi berkhianat pada istri dan anak-anak jelas iya….memangnya kalau dengan menikah resmi bisa lebih menghibur hati istri dan anak2 ? sami mawon, malah mungkin lebih menyakitkan karena pengkhianatannya lebih diketahui publik , bahwa mereka bukan istri dan anak-anak yang istimewa lagi bagi si ayah yang berpaling pada wanita lain dan anak-anak yang baru…. menurut saya apapun itu, mau pakai menikah resmi atau lewat hubungan gelap, yang namanya menjalin hubungan dengan wanita lain namanya selingkuh, dan status selingkuh tidak hilang meski sudah menikah, karena selingkuh berarti melakukan pengkhianatan terhadap hubungan perkawinan yang pertama….. nggak mungkin poligami kalau tidak dimulai dengan tidak berpuasa dari melirik wanita lain selain istrinya…

  232. El Loco Says:

    El..
    rony nglantur,
    nglindur,
    ra sadar,
    ra duwe akal,
    ra ngoco awake dewe,
    ra ngerti opo2 sebenere,
    pengecut curut,
    yak e angel golek bojo, ngiri,
    kere jga pora y?
    Jangan2 ra duwe ibu?
    Tpi ra impoten ah, bener ra kie?
    y ra turun berok,
    ron, kono kiyai opo rahib?
    duwe pesantren pora?
    duwe anag?
    po bener rung duwe bojo malah?
    umurmu piro?
    neg kawin karo Teh Ninih gelem bar cerai gelem ra?
    ben slamet…. sko kehancuran….
    wegahhhhhhhhhhhhhhhhh????????
    Oalaaaaa……..hhhh… pantes!

  233. achmad Says:

    wees…wees…..ada orang poligami.ko pada sewot yaaa…..aneh sok perduli sama janda dan perempuan…kalo kamu mersa bujang dan joko tuo…yang belum kawin..mau enda sama UWAA saya yang janda tua dan jelek.pasti maunya juga yang cantik…kalo tidak di dasari nafsu mana mungkin orang bisa kawin””omong kosong ,kenapa tertarik pada wanita yang kamu sukai atau cintai…yaaa,,karena cantik dan terus memikirkan wanita itu….BAGAI MANA MENURUT ANDA HAAIIII…….KAUM PRIA.KALO ANDA SETUJU BERARTI>>>NORMAL SEBAGAI LAKI LAKI…KALOO TIDAK SETUJU ANDA SAKIIIT..DAN .MAU SIH TAPI TIDAK MAU TANGGUNG JAWAB,…APAKAH SEBUTAN BAGI ORANG ORANG INI YAITU MUNAFIK.UNTUNG ADA YANG MAU NGAWININ KALO TIDAK JADI SIMPANAN PEJABAT.DAN DI KAWIN ANDA JUGA ANDA TIDAK MAMPU….TERUS BAGAI MANAYA??????????bisanya cuman komentar dan mengolok olok.jangan mengolok olok belum tentu yg mengolok olok lebih baik dari yang di olok olok!!!!!!!!!!!

  234. Bronjonong kojos Says:

    Si Rony ini.bukan orang islam..walaupun islam tapi abangan,dilihat dari pertanyaan dan jawabanya sangat tdk masuk akal.dan lama2 tambah ngelantur engga karuan .saya sih jawaban jawaban orang2 yang pro pada rony .yang jawab juga rony. Rony !!!poligami tidak dilarang asal tanggung jawab(maksud saya mengertikan? tanggung jawab di sini??)dan Cerai tidak di haramkan.Mo yang halal atau yang haram.jangan seperti agama lain yang mempunyai aturanya tidak boleh kawin.tapi sukanya sama sejenis .tahukan Rony??????ITU YANG BERBAHAYA..maksud saya laki2 suka sama laki2.malah ada lagi di negara tetangga memperbolehkan kawin sama sesama jenis.Menurut anda bagaimana roni.dan kalau sudah begini banyak yang tdk kebagian kawin sama laki2 dan anda tau di dunia ini banyak perempuanya ditambah ladi laki2 yang tdk suka sama perempuan dan banyak lagi yang di tinggal mati suaminya.apakah kamu bisa berkomentar tentang hal ini.SAYA TUNGGU KOMENTAR ANDA

  235. Bronjonong kojos Says:

    BARANG SIAPA INGIN SELAMAT DEKATLAH PADA SANG PENCITANYA,YAITU ALLAH ROBAL ALAMIIN

  236. Cah Bodo Says:

    Rony@ He Rony…kamu tuh baru bekal Katam Juz Ama’ aja dah berlagu ingin mengobrak abrik hukum Agama. Sebelum terlanjur Istigfarlah … atau jangan jangan loe tuh sudah ngikutin ajaran sesat….sehingga mendahulukan debat kusir, atau emangnya kamu tuh impoten sehingga frustasi dan smangat banget untuk mengkritisi Al Qur’an ! Sekali lagi istigfarlah…..!

  237. askworld3 Says:

    salam..
    hmm, mau koment tp bingung. Pake syair aja ah..
    Bismillah..
    MAAFKAN AKU, SAUDARAKU
    Subhanallah walhamdulillah
    segala puji bagiNya, Sang Penggenggam Semesta
    betapa rendah dan nista nafs terasa
    lebih memilih “fujur” drpd “taqwa”
    kurindu dan kujemput ilhamNya dengan do’a
    demi membimbing dan membuka “jiwa” yg “buta”
    karena sesungguhnya,
    “menjadi jahat orang yg melampaui batas”
    ikhwah,
    aku rindu mutiara kata hatimu
    menjadi perantara “pena” Tuhanku
    untuk mengingatkan dan men_zuhud_kan hatiku
    BUKAN sekedar caci maki
    dengan perspektif refleksi
    Ingatlah!
    Manusia yg baik adalah ia yg bertaubatan nasuha
    maka,
    Sungguh, aibku jauh lebih dari itu Yaa akhi
    jika anta congkel lebih dalam lg!
    Ana terima cacian anta
    Dan semoga, Dia mencurahkan rahmatNya,
    untuk membuka pintu maafmu, atas ku
    atas “khilaf” ku di hadapmu
    Sesungguhnya, tiap-tiap nafs menyaksikan ke_dzalimannya

    Wallahu a’lam..

  238. ahmadronald Says:

    Tidak ada kebenaran dan kesalahan yang mutlak dalam kehidupan ini. ketika mayoritas mengatakan bahwa hal itu salah atau hal itu benar, tentunya itu dapat saja berangkat dari kepentingan-kepentingan yang sedang di perjuangkan dan berkaitan dengan permasalahan yang sedang digeluti tersebut. mengkritisi dengan keseimbangan yang obyektif tentu merupakan suatu hal positif, namun ketika itu berangkat dari Rasa Keyakinan Atas Pembenaran Diri yang Sangat tinggi atas sesuatu, hal itu menjadi NAIF. Bagaimanapun seorang Aa Gym terlepas dari ke tidak sempurnaannya sebagai manusia adalah seorang Pekerja Keras dan Pekerja Unggul dalam bidangnya. Beliau adalah pemilik 15 usaha penerbitan yang telah menerbitkan 32 judul buku dan lusinan kaset serta VCDnya sebagai media menyebarkan dakwahnya. Aa Gym tercatat menerima 1.200 undangan untuk menjadi pembicara setiap bulannya. Tarif siarnya untuk berdakwah bisa mencapai USD 100.000 per jam pada bulan Ramadhan, dan penampilannya menjadi rebutan stasiun-stasiun TV. Usaha lainnya yang ia miliki adalah penyiaran radio, studio mini televisi, dan usaha media lainnya termasuk kantor situs-situs web, koperasi supermarket, mesjid dan pesantren berkapasitas 500 santri, dua panti asuhan, rumah persinggahan untuk menampung pengunjung yang datang, serta penyelenggaraan seminar-seminar pelatihan manajemen yang tarifnya mencapai USD 200 per kepala.
    alangkah sayangya dengan potensi semua itu kita hanya melihatnya dari satu Sisi yang bersifat Pribadi, yang tentunya adalah merupakan Hak Veto Diri Pribadinya sendirilah yang ber HAK memutuskan. bukan saya, Anda, atau siapapun di dunia ini yang di ijinkan untuk mencampurinya. Nasehat terbaik dari yang paling baik yang pernah saya dapat adalah : ” Jangan berikan Nasehat kepada Orang yang Tidak Meminta Nasehat”

  239. mhs Says:

    luar biasa sekali mas roni ini….
    kenapa pertanyaan2 kaya gitu g ditanya langsung ya….
    kayaknya g pantes kalo di mass media gini.
    meskipun blog pribad, tapi tetep juga jadi ajang publkikasi….

  240. Taufiq Lubis Says:

    Assalaamu’alaikum..
    SEMUANYA PENDAPAT SAUDARA-SAUDARA ADALAH “BENAR” DENGAN KEBENARAN MASING-MASING.
    KALAU ADA YANG MENYALAHKAN, MAKA IA SALAH KALAU “DISALAHKAN”.
    SAYA INGATKAN JUGA PADA SAUDARA-SAUDARA YANG DENGAN IKHLAS MENYATAKAN SE-IMAN DALAM ISLAM, JANGAN SEKALI-KALI MENILAI DAN MENDUGA-DUGA TENTANG DIRI ORANG LAIN. NILAI DAN DUGA-DUGA LAH DIRI ANDA SENDIRI, SEMOGA ANDA DIBERIKAN HIDAYAH MENGENAL “DIA” DARI DUGAAN ANDA ITU.
    - MULAI DARI HAL-HAL KECIL
    - MULAI DARI DIRI SENDIRI
    - MULAI DARI SEKARANG..

    1.Tentang MLM yang diutarakan saudara Rony, ITU RELATIVE SAJA.
    2.Tentang pernikahan A’Gym dengan siapapun, dan berapa orang pun, dengan dasar apapun, saya yakin HAL ITU BUKAN URUSAN AKU DAN KAMU. Biarkan lah…
    Jadi org yg “irfan” itu lbh mengutamkan ngurusin diri sendiri..

    thl

  241. ozosss Says:

    berbuat baiklah kepada semua orang, kalaupun orang tersebut membalas dengan kejahatan biarlah menjadi urusannya dengan yang maha pencipta…perdebatan yang bernilai adalah perdebatan yang membuat kita bisa menjadi taat, tapi bukan mengarah ke suatu subjek…buatlah diri kita indah, bertafakurlah ke diri pribadi, apakah kita sudah sempurna….

Leave a Reply